Sukses

Pabrik Kimia Dekat Pelabuhan Merak Meledak, 1 Desa Diungsikan

Sebuah pabrik kimia di Kota Cilegon, Banten meledak pada Kamis sore 18 Februari 2016 sekitar pukul 16.30 WIB.

Liputan6.com, Cilegon - Sebuah pabrik kimia di Kota Cilegon, Banten meledak pada Kamis sore 18 Februari 2016 sekitar pukul 16.30 WIB. Diduga peristiwa yang terjadi di pabrik PT Dover Chemical itu terjadi lantaran kelalaian atau proses yang tak sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP).

"Kita akan segera lakukan investigasi mengenai penyebab kebakaran. Belum diketahui yang terbakar apa, jenis (kimia) apa, dan kenapa," kata Manajer HRD dan Humas PT Dover Chemical, Dade Suparna saat ditemui di lokasi kejadian, Cilegon, Banten, pada Kamis 18 Februari 2016.

Karena kebakaran dan ledakan di pabrik yang berada tak jauh dari Pelabuhan Merak tersebut, seluruh warga di Desa Gerem, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon, Banten pun harus diungsikan ke Gedung DPRD Cilegon yang jaraknya sekitar 7 kilometer dari lokasi kejadian.

"Saat ini kita tengah fokus melakukan pengamanan di TKP untuk meminimalisir kerusakan," kata Kapolsek Pulomerak Kompol Muhamad Yosa Hadi.

Menurut penuturan warga sekitar, pencemaran lingkungan yang dilakukan oleh PT Dover Chemical memang kerap dilakukan. Bahkan, perusahaan kimia tersebut diduga telah berkali-kali mengalami ledakan meski tak sebesar ledakan pada Kamis sore itu.

"Sudah sering ada suara kencang kayak ledakan. Itu perusahaan (Dover), tiap hari nyebarin bau kimia. Apa lagi sore sampai pagi," kata Muhamad Al-Auvar, warga Gerem, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon.

Korban

Berikut daftar korban jiwa dan luka dari meledaknya pabrik kimia, PT Dover Chemical, yang berlokasi di Desa Gerem, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon, Banten.

Meninggal Dunia:
1. Bambang Somantri (26), pekerjaan kondektur mobil tanki PT Dover Chemical, alamat rumah di Merak, Kota Cilegon, Banten.

Luka-luka:
1. Agus Lukman Hidayat (28), Kelurahan Taktakan, Kecamatan Taktakan, Kabupaten Serang. Pekerjaan Operator PT Dover Chemical, mengalami luka bakar 30 persen.

2. Jaja Nurdin (32), Kelurahan Masigit, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon. Mengalami luka bakar 30 persen. Jabatan safety PT Dover Chemival.

3. Yuyun Hermawan (30), Kelurahan Gerem, Kecamatan Grogol, kota Cilegon. Mengalami luka bakar 30 persen. Jabatan sebagai operator di PT Dover Chemical. Luka bakar 30 persen.

4) Andri rifai (31), Jombang, RT 03 RW 06, Kelurahan Jombang, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon. Jabatan sebagai operator PT Dover Chemical mengalami sesak nafas akibat menghirup asap kebakaran zat kimia.

5. Rudi (33), Semampir Timur, Kota Cilegon, mengalami luka bakar leher sampai pundak kiri.

Seluruh korban luka dan korban jiwa berada di RS Krakatau Medika, Kota Cilegon, Banten.

Kebakaran tersebut dipadamkan setelah menurunkan 6 unit mobil pemadam kebakaran (damkar) dari unit Damkar Pulo Merak, Unit Damkar PT ASDP Merak, dan Unit Damkar Kota Cilegon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.