Sukses

Banjir Porong Surut, 32 Jadwal Kereta Kembali Normal

Ke-32 jadwal kereta itu terdiri dari 30 jadwal kereta penumpang dan 2 jadwal kereta barang.

Liputan6.com, Surabaya - Jalur rel Porong-Tanggulangin sepanjang 700 meter bisa dilintasi kembali hari ini. Banjir yang merendam rel sejak Kamis, 11 Februari 2016 lalu berangsur-angsur surut dan memasuki batas toleransi.

"Artinya surut, banjir di atas rel sudah mencapai toleransi. Maksimal bagi keamanan perjalanan KA adalah 9 cm," ujar Manager Humas PT KAI Daops 8 Surabaya  Suprapto melalui telepon seluler kepada Liputan6.com, Kamis (18/2).

PT KAI memastikan jalur rel KM 32+5 hingga KM 33+2 sudah bisa dilewati kereta api setelah diuji coba kemarin. Uji coba dilakukan dengan melewatkan rangkaian kereta api barang yang mengangkut batu kricak di atas rel tersebut.


"Kami memastikan kondisi jalur rel sepanjang 700 meter, yang telah terendam air selama tujuh hari ini, aman bagi perjalanan kereta api," ucap Suprapto.

Suprapto menyatakan 32 jadwal kereta api yang melewati jalur Sidoarjo-Porong bisa kembali normal. Ke-32 jadwal kereta itu terdiri dari 30 jadwal kereta penumpang dan 2 jadwal kereta barang. Meski begitu, kereta api yang melintas di jalur tersebut harus mempertahankan kecepatan pada level 5 km/jam.

"Kami usai rapat langsung memutuskan bahwa rel bisa dilintasi kereta api dengan kecepatan rata-rata 5 km/jam dan 32 perjalanan kereta api dapat melintas," ucap Suprapto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.