Sukses

Mengaku Penerus Nabi Isa, Warga Jombang Dipanggil MUI

Kepolisian juga akan menindak warga Jombang yang mengaku penerus Nabi Isa itu.

Liputan6.com, Surabaya - Majelis Ulama Indonesia (MUI) akan segera memanggil Raden Aryo alias Jari (40), warga Dusun Gempol, Desa Karangpakis, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang, untuk diberi pembinaan dan pemahaan ajaran agama Islam secara utuh dan benar.

Rencana ini terkait beredarnya kabar Jari mengaku sebagai penerus Nabi Isa AS.

"Saya tadi telepon Ketua MUI Jombang, dan katanya masalah ini sudah ditangani bersama pemerintah dan kepolisian setempat," tutur Ketua MUI Jawa Timur, Abdus Shomad Buchori, kepada Liputan6.com di Surabaya, Rabu (17/2/2016).


Abdus Shomad menegaskan bahwa Jari yang katanya telah mendapatkan wahyu dari Allah pada 2005 silam itu sebagai penerus Nabi Isa AS adalah bohong atau tidak benar.

Dia menegaskan, ajaran Jari yang menambahi 2 kalimat syahadat dengan wa-isa habibullah atau Asyhadu'alla Ila Ha Ilallah, Wa Asyhadu Anna Muhammadurrasullullah, Wa Isa Habibullah, adalah tidak sesuai atau sesat karena tidak ada dalam Alquran.

"Kalau dia itu sehat pikirannya, maka perlu diarahkan dan disadarkan. Kalau tidak mau disadarkan maka akan ditindak secara hukum," tandas KH Abdus Shomad.

Dikonfirmasi secara terpisah, Kapolres Jombang AKBP Sudjarwoko mengatakan bahwa sejauh ini, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan forum pimpinan daerah (forpimda) dan MUI setempat untuk menentukan langkah selanjutnya.

"Jika hasil rapat tersebut MUI memutuskan bahwa pondok di bawah pimpinan Jari, pria yang mengaku sebagai penerus Nabi Isa Habibullah itu dinyatakan menyimpang maka kami tidak segan-segan untuk melakukan penindakan," kata Sudjarwoko.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini