Sukses

Bunga Rafflesia Langka Mekar di Samping Air Terjun Bengkulu

Diameter bunga Rafflesia tersebut hanya mencapai 35 cm.

Liputan6.com, Bengkulu - Bunga Rafflesia kembali mekar sempurna di kawasan hutan lindung Boven Lais, Kabupaten Bengkulu Utara, Bengkulu. Jenisnya kali ini adalah Rafflesia Gadutensis.  

Diameter bunga tersebut hanya mencapai 35 cm. Ukurannya jauh lebih kecil dari Rafflesia Arnoldii yang diameternya bisa mencapai 1 meter.

"Ukurannya lebih kecil dan warnanya lebih cerah," ujar Ketua Komunitas Pecinta Puspa Langka (KPPL) Bengkulu Utara Septian Andriki saat dihubungi lewat telepon, Senin (15/2/2016).

Lokasi mekar puspa langka itu berada di Desa Talang Rais, di dekat air terjun Talang Rais 1. Air terjun ini sendiri memiliki ketinggian hingga 25 meter.


"Ini merupakan spot ketiga habitat Rafflesia di kawasan ini. Selain melihat bunga Rafflesia, kita dapat bonus menikmati air terjun," ucap Septian.

Selain satu bunga yang mekar, masih ada 11 bongkol yang juga akan mekar di 2 titik lain di lokasi Air Terjun Menuju dan kawasan hutan lindung Boven Lais 2.

Diperkirakan bongkol itu akan mekar sempurna dalam 2 bulan ke depan secara bergantian. Periodesasi itu akan terus berlanjut hingga akhir Mei 2016.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.