Sukses

Ini Alasan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah Ditolak

Berdasarkan data dampak penanganan sampah dengan teknologi incenelator di berbagai negara ternyata buruk bagi lingkungan dan kesehatan.

Liputan6.com, Bandung - Rencana pembangunan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Sampah, yang sering disebut PLTSa, dianggap bukan sebuah solusi penanganan sampah di kota Bandung.

Hal itu dikatakan oleh juru bicara organisasi penentang PLTSa, Global Anti Incenelator Alliance, Yuyun Ismawati.

Menurut Yuyun, teknologi PLTSa yang menggunakan incenelator dianggap melanggar perjanjian penanganan sampah dari tingkat nasional dan dunia.

"Kalau kita minta moratorium tapi kita masih ngasih kesempatan satu kali lagi untuk negosiasi melalui lembaga badan negosiasi nasional," ujar Yuyun di Bandung (26/1/2016).


Yuyun menegaskan pihaknya akan meminta semua pihak, baik Wali Kota  Bandung dan pengusaha bersedia untuk melakukan mediasi.

"Tuntutan kami adalah ubah teknologinya. Oke diswastakan tapi ubah teknologinya jangan pakai incenelator tetapi an-aerobic diggest," papar Yuyun.

Berdasarkan data dampak penanganan sampah dengan teknologi incenelator di berbagai negara disebutkan ternyata buruk bagi lingkungan dan kesehatan.

Apalagi, kata Yuyun, kondisi udara di kota Bandung sudah buruk sebelum dibangun PLTSa, yang nantinya mengelola dengan cara dibakar.

"Pemkot Bandung sebaiknya segera melakukan konsultasi ke berbagai pihak di level nasional, untuk mengetahui kebijakan penanganan sampah, sesuai dengan perkembangan terakhir seperti kepada Kemenhut dan LH," tandas Yuyun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini