Sukses

1.600 Personel Polri dan TNI Amankan Sidang PK Abu Bakar Baasyir

Pada sidang PK lanjutan Abu Bakar Baasyir, salah satu saksinya adalah Ketua FPI Habib Rizieq.

Liputan6.com, Cilacap - Sehari menjelang sidang peninjauan kembali (PK) Abu Bakar Baasyir, pengamanan di Pengadilan Negeri Cilacap ditingkatkan. Polisi akan menambah personel keamanan untuk mengantisipasi lonjakan pendukung kyai pendiri Pesantren Al-Mu'min di Ngruki, Sukoharjo, itu.

"Hari ini saya melakukan pengecekan untuk melihat persiapan sidang besok, Selasa (26/1/2016)," kata Kapolres Cilacap AKBP Ulung Sampurna Jaya, Senin (25/1/2016).

Ia mengatakan pengecekan kali ini untuk mengetahui persiapan yang telah dilaksanakan di lapangan guna memaksimalkan pengamanan serta meminimalisir segala kemungkinan buruk yang dapat terjadi saat berlangsungnya sidang.

"Sebayak 1.600 personel Polri yang bantu dari unsur TNI akan dilibatkan untuk mengamankan jalannya sidang yang direncanakan akan mendatangkan saksi ketua FPI pusat Habib Rizieq," ujar Ulung.


Polres Cilacap akan dibantu dengan penambahan kekuatan personel dari Satbrimob dan Dit Pam Obvit serta pengendali masa Polda Jateng. Sekarang seluruh personelnya sudah berada di Cilacap. Kapolres Cilacap menegaskan mereka tidak main-main dalam pengamanan kali ini.

"Ada yang berani coba-coba, langsung kami ambil tindakan. Kami tidak mau ambil risiko sekecil apa pun. Kami dan masyakat Cilacap pada umumnya menginginkan keamanan yang solid di wilayah Kabupaten Cilacap," kata Ulung.

Juru bicara Pengadilan Negeri (PN) Cilacap Catur Prasetyo memperkirakan pengunjung sidang PK Abu Bakar Baasyir lebih banyak dibanding sidang pertama pada dua pekan lalu. Hal itu mempertimbangkan agenda sidang berupa tanggapan jaksa serta pengajuan novum dan saksi dari pihak penggugat.

Dia memperkirakan sidang PK lanjutan Abu Bakar Baasyir akan berlangsung hingga sore hari. Sebab, setelah tanggapan jaksa, pihak Abu Bakar Baasyir akan menghadirkan lima saksi yang dijadwalkan akan memberikan keterangan di hadapan majelis hakim.

Untuk itu, pihak PN Cilacap mempersiapkan tenda tambahan serta fasilitas istirahat dan beribadah bagi pengunjung yang terkonsentrasi di halaman PN Cilacap.

"Nanti kemungkinan karena pemeriksaan saksinya lima, mungkin sampai sore. Jadi ada jeda salat-lah," kata dia.

Catur menjelaskan pihaknya menyerahkan pengamanan kepada kepolisian. Dalam sidang PK pertama, aparat gabungan menurunkan 1.100 anggota polisi dan 200-an lebih anggota TNI.

Catur menambahkan undangan PK lanjutan sudah diterbitkan pekan lalu kepada kepada Abu Bakar Baasyir, jaksa, pengacara dan saksi-saksi yang akan diajukan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.