Sukses

Eks Gafatar Tiba di Semarang Pagi Ini

Mereka langsung diarahkan ke tenda-tenda yang sudah disiapkan untuk pengecekan kesehatan

Liputan6.com, Jakarta - KRI Teluk Gilimanuk yang mengangkut sekitar 350 eks anggota Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) dari Kalimantan Barat tiba di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah, pagi ini.

Kapal itu sudah memasuki wilayah perairan Semarang sejak dini hari dan merapat ke terminal kedatangan penumpang Tanjung Emas sekitar pukul 07.15 WIB. Setelah berlabuh, butuh beberapa waktu bagi awak KRI Gilimanuk untuk menyiapkan penurunan penumpang.

Petugas gabungan TNI-Polri dan petugas kesehatan telah siap menyambut kedatangan mantan anggota Gafatar. Di Kalimantan Barat, mereka diusir warga dari permukiman karena organisasinya dianggap meresahkan.


Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Semarang Letnan Kolonel Elka Setyawan mengatakan, bekas anggota Gafatar yang tiba di pelabuhan akan langsung didata dan dicek kesehatannya.

"Langsung diarahkan ke tenda-tenda yang sudah disiapkan untuk pengecekan kesehatan," kata Elka di Semarang, seperti dikutip Antara, Senin (25/1/2016).

Setelah pendataan dan cek kesehatan, mereka akan dibawa ke Asrama Haji Donohudan Boyolali. Sekitar 10 bus telah disiapkan untuk mengangkut ratusan eks Gafatar tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini