Sukses

Purbalingga Akan Miliki Bandara Komersial

Wacana pembangunan Bandara Wirasaba Purbalingga itu diungkapkan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan.a

Liputan6.com, Purbalingga - Wilayah Jawa Tengah bagian selatan selama ini belum memiliki bandar udara. Akibatnya, banyak orang kesulitan menjangkau wilayah Banyumas dan sekitarnya. Moda transportasi yang ada hanya kereta api dan bus.

"Pemerintah pusat mengakomodir kepentingan daerah. Kami senang mendengarnya meski pun baru sebatas lisan," kata Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Purbalingga Budi Wibowo, Purbalingga, Jawa Tengah, Rabu (20/1/2016).

Dia mengatakan, wacana pembangunan bandar udara yang selama ini menjadi pangkalan udara TNI AU itu, diungkapkan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo beberapa waktu lalu.

Guna mewujudkan Wirasaba menjadi bandara komersial, kata Budi, ada beberapa tahapan yang disyaratkan untuk dipenuhi. Di antaranya izin prinsip, izin pemanfaatan sebagian benda negara oleh kementerian keuangan sebagai pemilik aset.

Selain itu, lanjut dia, pernyataan bersama yang dilakukan pemerintah daerah, Kementerian Perhubungan, Dirjen Perhubungan Udara, dan departemen terkait lainnya.

"Info yang saya dengar, sudah mulai dilaksanakan. Jadi kami (Pemkab) di 5 kabupaten hanya menunggu arahan pusat. Untuk mekanismenya akan diturunkan melalui provinsi terlebih dahulu," kata Budi.

Menurut dia, Pemkab Purbalingga sudah melangkah lebih awal dengan mempersiapkan rancangan kesepakatan, dalam memenuhi tahapan pernyataan bersama 4 kabupaten tetangga.


"Untuk draft MoU sudah kami siapkan. Sementara untuk persiapan sarana dan prasarana masih menunggu arahan resmi dari pusat," kata Budi.

Keselamatan Penerbangan

Wacana Lapangan Udara Wirasaba menjadi bandara komersial ditulis dalam laman pemprovjateng.go.id. Saat itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menerima pesan singkat dari Menteri Jonan, ketika memberikan pengarahan kepada petugas jembatan timbang di Kantor Bakorwil II Surakarta, Kamis 14 Januari lalu.

"Mengingat ada keterbatasan KKOP (Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan) di Bandara Cilacap, maka agar dianggarkan pengaktifan untuk operasi komersial Bandara Wirasaba," kata Ganjar membaca pesan Menteri Jonan.

Jonan juga meminta pemerintah daerah segera mencari anggaran tahun ini. Sedangkan terkait kelengkapan navigasi bandara, Menhub meminta terminal bandara dibuat seperti Bandara Cakrabuana Cirebon. Sedangkan landasan pacu dibangun sepanjang 1.300 meter.

Mantan Dirut PT KAI itu juga mengatakan dalam waktu dekat memerintahkan Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, segera memanggil bupati terkait dan melakukan perjanjian dengan TNI AU.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini