Sukses

Paket dari India Itu Berisi Sabu

Namun, petugas kesulitan mengusut pemesan paket sabu karena yang bersangkutan tidak juga muncul mengambil paket.

Liputan6.com, Denpasar - Petugas Bea dan Cukai Denpasar berhasil menggagalkan penyelundupan paket sabu seberat hampir setengah kilogram dari India. Pengiriman 9 bungkus plastik berisi bubuk kristal bening itu disamarkan menggunakan paket adaptor laptop.

"Berdasarkan pengujian dengan menggunakan Narcotest, barang berbentuk kristal berwarna bening tersebut merupakan sediaan narkotika jenis methamphetamine atau sabu seberat 492,18 gram bruto," ujar Kepala KPPBC Denpasar Mohamad Saptari, di Denpasar, Selasa (19/01/2016).

Berdasarkan penelusuran, paket yang dikirim melalui kantor pos itu ditujukan kepada seseorang berinisial KJ. Orang tersebut hingga kini tidak juga muncul sehingga petugas kesulitan untuk menangkapnya.


Kabid Penyidikan dan Penindakan Kanwil Bea dan Cukai Bali, NTB, NTT, Husbi Saiful menambahkan, petugas harus menunggu cukup lama agar bisa mengungkap penerima paket.

"Karena kantor pos, maka kita harus menunggu. Seminggu hingga 1 bulan," kata Husbi.

Sesuai Pasal 102 huruf (e) UU Nomor 17 Tahun 2006 tentang Kepabeanan dan Undang-undang Narkotika Nomor 35 Tahun 2009 Pasal 113 ayat (2), pelaku dapat dikenakan hukuman dengan ancaman pidana mati, pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 5 tahun dan paling lama 20 tahun. Selain itu pidana denda paling sedikit Rp 1 miliar dan paling banyak Rp 10 miliar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini