Sukses

BNN: Pecandu Narkoba di Sulawesi Utara 70 Persen Pelajar

BNN minta agar keluarga, masyarakat dan sekolah ikut mengawasi para pelajar agar tak menjadi pecandu narkoba.

Liputan6.com, Manado - Berdasarkan data yang dikeluarkan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sulawesi Utara, sepanjang 2015 sebanyak 734 orang menjadi pasien rehabilitasi narkoba.

Ironisnya dari jumlah itu, 70 persen di antaranya adalah pelajar yang terdiri dari 40 persen siswa SMP dan 30 persen siswa SMA.   

"Jumlahnya 70 persen untuk siswa, dari jumlah keseluruhan pasien yang menjalani rehabilitasi,” ujar Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi Sulawesi Utara Sumirat Dwiyanto di Manado, Selasa (12/1/2016).

Sementara di kalangan mahasiswa jumlahnya hanya 5 persen, pekerja 15 persen dan pengangguran hanya 10 persen.

Sedangkan dari aspek perawatan, lanjut dia, 695 pasien rawat jalan dan 39 lainnya rawat inap di beberapa pusat rehabilitasi.

"Jika dibedakan berdasarkan jenis kelamin, jumlah pecandu laki-laki 591 orang dan perempuan 143,” ucap Sumirat.


Sementara, untuk jenis narkoba yang banyak digunakan adalah jenis sabu, ganja, ganja sintesis, dan mushroom.

"Tidak sedikit juga yang menggunakan psikotropika golongan benzodiazepine, obat daftar keras daftar G seperti tramadol, trihexyphenidyl, dan somadryl. Selain itu, juga komix atau lem Aibon," jelas dia.

Dengan banyaknya pelajar yang menjadi pecandu narkoba ini, Sumirat berharap peran serta berbagai pihak seperti keluarga, sekolah, serta masyarakat untuk turut mengawasi aktivitaspelajar baik di rumah, lingkungan, maupun di sekolah.

"Jika anak membawa obat dalam jumlah yang banyak, atau misalnya membawa lem Aibon, ini patut dicurigai. Ini berbahaya, seperti penggunaan lem Aibon yang dihirup bisa merusak otak," ujar Sumirat.**

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.