Sukses

Warga Palembang Segera Miliki Jembatan Pendamping Ampera

Pemasangan tiang pancang Jembatan Musi IV dijadwalkan pada akhir Januari 2016.

Liputan6.com, Palembang - Warga Kota Palembang, Sumatera Selatan, tak lama lagi akan memiliki jembatan baru pendamping Jembatan Ampera. Pemasangan tiang pancang Jembatan Musi IV dijadwalkan pada akhir Januari 2016, karena saat ini sudah memasuki tahap konstruksi fisik.

Pejabat pembuat komitmen Jembatan Metropolitan Balai Besar Jalan dan Jembatan Nasional (BBJN) III, Azwar Edie mengatakan, pekerjaan ini dapat dimulai pada akhir Januari mendatang. Sebab diperkirakan peralatan utama beserta personel juga sudah tiba di Palembang.

"Nanti akan dilihat lagi, mana yang lebih siap untuk dipasang tiang pancangnya, apakah kawasan Seberang Ilir, atau Seberang Ulu. Bisa semua," ucap Azwar seperti dikutip dari Antara, Minggu (10/1/2016).

Ia menerangkan sementara ini untuk pekerjaan fisik telah sesuai dengan perencanaan awal mengingat pemerintah telah merampungkan pembebasan lahan seluas 1,7 hektare pada Desember tahun lalu.

Dana Rp 30 Miliar

Ia menjelaskan, ketika pembangunan fisik dimulai maka seluruh warga yang mendiami kawasan tersebut harus meninggalkan lokasi.

Untuk itu, Besar Jalan dan Jembatan Nasional menyurati Wali Kota Palembang dapat mengarahkan seluruh warga penerima ganti rugi untuk segera meninggalkan lokasi.

"Sudah ada yang pindah, tapi baru beberapa," kata dia.

Jembatan Musi IV direncanakan akan dibangun untuk sisi hulu di Kelurahan 14 Ulu, Sungai Kangkang, dan sisi hilir di kawasan Pasar Kuto dengan panjang 635 meter, lebar 12 meter, dan tinggi 16,88 meter yang dihitung dari permukaan air sungai dengan titik terbawah jembatan.

Jembatan Musi IV akan berbentuk extradosed dan diyakini memiliki konstruksi badan jembatan yang lebih kuat dengan mengeluarkan dana sebesar Rp 518 miliar.

Pembangunan jembatan ini untuk mengurangi beban Jembatan Ampera yang sementara ini menjadi satu-satu akses menuju Kompleks Olahraga Jakabaring (Jakabaring Sport City).

Infrastruktur ini dibutuhkan terkait peran Palembang sebagai tuan rumah Asian Games ke-18 pada 2018.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini