Sukses

Hanya 5 Stasiun Radio Pemerintah di Jabar yang Punya Izin Siaran

Sementara 3 stasiun lainnya dalam proses mengajukan izin siaran.

Liputan6.com, Bandung - Belasan lembaga penyiaran publik lokal (LPPL) berupa stasiun radio milik pemerintah daerah di Jawa Barat dinyatakan tidak memiliki izin. Baru 5 stasiun radio milik pemerintah yang memiliki izin siaran.

"Kelima stasiun radio itu di Kabupaten Kuningan, Sumedang, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Indramayu, dan Kabupaten Cirebon," kata Komisioner Bidang Infrastruktur Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Barat Dadan Saputra, di Bandung, Rabu 6 Januari 2015.

Adapun 3 stasiun radio yang sedang dalam proses mendapatkan izin siaran adalah stasiun di  Majalengka, Cianjur, dan Bekasi.

Dadan menyebutkan, seharusnya pemerintah daerah segera mengurus perijinan LPPL karena peraturan terkait lembaga penyiaran publik telah terbit 10 tahun lalu. Acuannya Peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2005 dengan menerbitkan peraturan daerah untuk perihal serupa.

KPID menyatakan, berdasarkan hasil pendataan dari 27 kabupaten kota di Jawa Barat, hanya 16 kabupaten kota yang bisa melakukan siaran radio di frekuensi FM. Alasannya sisa daerah lainnya tidak memiliki penerimaan frekuensi untuk modulasi FM.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.