Sukses

Kebun Raya Seluas 5,8 Hektare Akan Dibangun di Jembrana Bali

Pembangunan kebun raya daerah dengan iklim tropis ini, bekerjasama dengan LIPI.

Liputan6.com, Jembrana - Pemerintah Kabupaten Jembrana, Bali berancang-ancang membangun kebun raya. Tanah seluas 5,8 hektare di depan Pura Jagat Natha hingga ke belakang berbatasan dengan setra Kelurahan Dauh Waru, Jembrana telah dipersiapkan.

Menurut rencana, pembangunan kebun raya akan dimulai tahun ini dan selesai hingga 4 tahun ke depan dengan perkiraan anggaran mencapai Rp 20 miliar lebih.

"Pada tahun ini kita pasang anggaran Rp 4 miliar, khusus untuk pembangunan infrastukturnya," ujar Kepala Kantor LHKP Pemkab Jembrana I Wayan Darwin di Jembrana, Rabu 6 Januari 2016.

Darwin mengaku, pembangunan kebun raya daerah dengan iklim tropis ini, bekerjasama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dengan konsep tanaman Upakara dan Wisada.

"Tanaman Upakara dan Wisada itu maksunya tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk sarana persembahyangan atau sarana upacara bagi umat Hindu, seperti sembilan jenis kelapa, berbagai jenis bunga dan lainnya," kata Darwin.

Tak hanya itu, menurut Darwin, kebun raya tersebut nantinya, akan berfungsi sebagai konservasi, pendidikan, penilitian, pariwisata, dan pendukung lingkungan hidup.

"Nantinya kebun raya yang akan kita bangun sama dengan kebun raya Bedugul. Tidak terlalu luas memang, tapi berkualitas," pungkas Darwin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.