Sukses

Pria Ini 'Lahirkan' Batu 2 Kg dengan Dicaesar

Sang dokter mengklaim pihaknya baru pertama kali melakukan pembedahan untuk kasus seperti ini.

Liputan6.com, Palembang - Aneh tapi nyata. Sudarmono (54) warga di Musi Rawas, Sumatera Selatan mendadak terkenal usai melahirkan" bongkahan batu putih sebesar 2 kilogram. Petani itu awalnya tak sadar ada sesuatu dalam perutnya.

Darmono mengaku kerap merasa kembung dan mual. Belakangan, setiap habis makan, ia juga kerap merasa nyeri. Akhirnya ia memeriksakan kondisinya ke Puskesmas Campursari SP4 Mandalawangi.

Kemudian pada Selasa 29 Desember 2016, ia dirujuk ke Rumah Sakit Sobirin, Lubuklinggau. Setelah didiagnosa dan dilakukan USG, diketahui selama ini ia telah menyimpan bongkahan mirip sebuah batu dalam perutnya.

Tim dokter kemudian melakukan pembedahan, serupa dengan metode bedah caesar mirip yang dilakukan terhadap ibu hamil. Usai perut Sudarmono dibedah, tim mengangkat batu berwarna putih krim berdiameter 30 centimeter, panjang 15 cm, berat 2 kilogram.

"Batunya memiliki tingkat kepadatan tinggi seperti batu sungai. Awalnya kami duga batu ginjal atau sekolit (faeces yang mengeras), namun setelah diteliti ternyata batu kandung kencing atau batu puli," kata Direktur RS Sobirin Dr Harun di Palembang, Senin (4/1/2016).

Kejadian ini merupakan pertama terjadi di Sumatera Selatan. Bahkan Harun mengklaim pihaknya baru pertama kali melakukan pembedahan untuk kasus seperti ini.

Batu seberat 2 kg berhasil dikeluarkan dari tubuh Sudarmono. (Liputan6.com/Raden Fajar)

"Kasus batu kandung kemih atau batu kencing ini bisa terjadi tergantung dengan pola makan pasien. Termasuk juga dipengaruhi kondisi tubuh, sehingga dapat terjadi pengerasan dari zat-zat yang konsumsi. Ini yang pertama kami tangani," kata Harun.

Selanjutnya, usai operasi, Sudarmono masih menjalani perawatan pemulihan di Rumah Sakit tersebut. Dia mengaku, sakit ini baru dialami sekitar 2 bulan lalu. Namu ia tak menghiraukannya.

Kondisi ini sebelumnya pernah ia rasakan sejak 12 tahun lalu. Sudarmono mengaku sempat mengeluarkan batu saat buang air kecil.

"Dulu memang pernah, tapi sejak itu tak pernah lagi saya kencing batu," kata Sudarmono.

Mengingat firasat yang pernah dialaminya, Sudarmono mengaku sebelum dioperasi pernah bermimpi didatangi monyet usai menebang kayu di hutan.

"Dalam mimpi itu, saya tebang kayu di hutan, ada anak monyet yang menghampiri. Saya simpan dan rawat lalu berikan ke istri saya," ujar dia.

Mimpi itu diyakini jika dirinya memiliki penyakit ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini