Sukses

Bawah Laut Pulau Cangke Jadi Pusat Perayaan Tahun Baru

Tim penyelam menggelar 3 kali gladi untuk menentukan titik penyelaman yang tepat.

Liputan6.com, Makassar - Ada yang berbeda dalam perayaan Tahun Baru di Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Pangkep), Sulawesi Selatan, malam ini. Polres Pangkep berencana akan merayakan malam pergantian tahun di bawah laut, tepatnya di wilayah perairan Pulau Cangke.

Kapolres Pangkajene Kepulauan (Pangkep) AKBP Moh Hidayat mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan selain untuk merayakan pergantian tahun 2015 ke 2016, juga sebagai upaya pencegahan kejahatan para pelaku bius dan bom ikan. Para kriminal itu biasa beraksi di malam hari karena dianggap lebih aman dan tidak terdeteksi petugas.

"Kegiatan ini dilaksanakan tim yang terdiri dari 6 diver," tutur Hidayat kepada Liputan6.com , Kamis (31/12/2015).


Tim penyelam telah bersiap sejak 23 Desember 2015 dimulai dengan melaksanakan gladi pertama untuk menentukan titik penyelaman. Gladi kedua berlangsung pada 29 Desember 2015 di perairan Pulau Sabutung.

Setelah dievaluasi, spot penyelaman pertama nyatanya kurang aman karena ombak dan arus yang besar serta jarak pandang yang hanya berjarak 30 cm saja. Tim selanjutnya menggelar gladi ketiga pada 30 Desember 2015 di Pulau Cangke.

"Akhirnya, setelah 2 kali gladi sebelumnya, Pulau Cangke adalah pilihan terakhir untuk melaksanakan perayaan Underwater New Years 2016," ucap Hidayat.

Hidayat melanjutkan, tim penyelam akan melaksanakan kegiatan tersebut tepat pada pukul 00.00 Wita saat pergantian tahun 2015 ke 2016. "Semoga kegiatan ini dilancarkan oleh Sang Maha Pencipta. Insya Allah Bersama Kita "BISA" (Brilliant, Innovative, Speed dan Accountable)," ucap Hidayat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.