Sukses

Terorisme hingga Longsor Ancam Natal dan Tahun Baru di Sulselbar

Kapolda Sulselbar meminta bhabinkamtibmas langsung terjun ke rumah-rumah warga untuk mengimbau soal terorisme dan waspada bencana alam.

Liputan6.com, Makassar - Kapolda Sulawesi Selatan Barat (Sulselbar) mengumpulkan seluruh Kepala Satuan Pembinaan Masyarakat (Binmas) di Markas Kepolisian Daerah Sulselbar.

Mereka diberi arahan untuk mengamankan Natal dan Tahun Baru. Sebab dikhawatirkan muncul gangguan-gangguan keamanan hingga aksi terorisme.

Tak hanya itu, musim penghujan di hampir seluruh wilayah Sulselbar juga patut diantisipasi karena sewaktu-waktu dapat terjadi bencana alam seperti longsor dan banjir bandang.

"Ini tentunya akan mengancam situasi kamtibmas masyarakat juga, itulah kenapa seluruh kasat binmas dikumpulkan di polda oleh Kapolda," ujar Kepala Bidang Humas Polda Sulselbar, Kombes Pol Frans Barung Mangera kepada Liputan6.com, Jumat (18/12/2015).


Barung mengatakan, satuan pembinaan masyarakat (Binmas) merupakan satuan yang langsung terjun di tengah masyarakat sehingga mengetahui betul apa apa yang menjadi kebutuhan masyarakat.

Bhabinkamtibmas diharap proaktif turun langsung ke rumah-rumah warga di wilayahnya masing-masing untuk memberi imbauan tentang bahaya paham radikalisme, antisipasi bahaya banjir, dan longsor. Terlebih bagi warga yang rumahnya berada di daerah rawan.

"Laporkan apa hasil pemantauannya di tengah masyarakat itu (ke polisi)," kata Barung.

Jika bhabinkamtibmas berperan maksimal, lanjut Barung, masyarakat juga akan berperan aktif melaporkan jika ada hal-hal yang dapat mengganggu situasi kamtibmas di wilayahnya.

"Ini merupakan salah satu program Kapolda yakni bagaimana masyarakat mengambil peran dalam menjaga situasi kamtibmas di wilayah Sulselbar ini," lanjut Barung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini