Sukses

Kapal Logistik Tabrak Dermaga Kalimas, Lambungnya Bocor

Hingga Rabu siang, petugas dan anak buah kapal (ABK) masih terus memindahkan muatan kapal ke daratan.

Liputan6.com, Surabaya - Kapal Motor Srimunah berukuran 18 GT yang mengangkut logistik tujuan Pulau Bawean menabrak dermaga Pelabuhan Kalimas, Tanjung Perak Surabaya, Rabu (2/12/2015) dini hari tadi.

Akibat tabrakan tersebut, kapal mengalami kebocoran di bagian bawah. Namun, kapal beserta barang bawaannya masih bisa diselamatkan karena permukaan laut dalam kondisi surut.

"Kapal itu nabrak dinding dermaga, terus lambungnya bocor," ujar Budiawan, seorang saksi mata, kepada Liputan6.com di lokasi kejadian, Rabu (2/12/2015).

Hal senada juga diucapkan saksi mata lainnya, Ahmad. Ia menjelaskan posisi kapal langsung miring setelah menabrak dermaga.

 



"Mungkin kapal sedang kelebihan muatan barang bawaan," terka Ahmad.

Sementara itu, Kepala Tata Usaha Syahbandar Tanjung Perak Surabaya Marzuki menuturkan kebocoran itu menyebabkan pemilik kapal harus membongkar kembali muatannya. Pihaknya kini sedang mencarikan tambalan agar kapal bisa kembali beroperasi.

"Kalau muatannya sudah selesai dipindah ke daratan, nanti akan dicarikan sarana dan ditambal agar bisa berangkat lagi," ujar Marzuki.

Tidak ada korban jiwa akibat insiden tersebut. Hingga Rabu siang, petugas dan anak buah kapal (ABK) masih terus memindahkan muatan kapal ke daratan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.