Sukses

Bali Jadi Proyek Percontohan Tata Kelola Pemerintahan

Bali dinilai sukses memadukan konsep pemerintahan yang baik dan bersih dengan program pembangunan daerah dan harapan masyarakat.

Liputan6.com, Denpasar - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi akan menjadikan Bali sebagai proyek percontohan tata kelola pemerintahan yang baik bagi daerah lain.

Menurut dia, Bali sukses memadukan konsep pemerintahan yang baik dan bersih dengan program pembangunan daerah dan harapan masyarakat.

"Jadi, atas hal itu Bali bisa menjadi model bagaimana clean and good government dapat diterapkan dengan baik," kata Yuddy di Kantor Gubernur Bali, Jumat (20/11/2015).

Ia memaparkan, indeks akuntabilitas Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali sejak tahun 2009 selalu menunjukkan grafik peningkatan yang sangat baik. Itu sebabnya, Yuddy mengaku bangga dengan Pemprov Bali yang menurutnya jadi lokomotif perbaikan tata kelola pemerintahan.


"Sebagai Ketua Tim Reformasi Birokrasi Nasional tentu saja saya bangga atas pencapaian itu," katanya.

Menurut Yuddy, ada beberapa indikator yang dapat menjadikan Bali sebagai lokomotif perbaikan tata kelola pemerintahan yang baik dan dijadikan proyek percontohan nasional.

"Pemprov Bali berhasil melakukan perencanaan pemerintahan terkoneksi dan tata kelola pemerintahan terus diperbaiki," ujar dia.

Hal yang penting dalam konteks itu adalah bagaimana masyarakat memiliki kepuasan terhadap pelayanan yang diberikan.

Selain itu, kata Yuddy, Bali memiliki kepemimpinan yang kuat dan kerja tim yang baik. "Ada kesadaran kolektif dan memiliki pembangunan ekonomi yang sangat prospestif dengan sektor pariwisata," tutup Yuddy. (Nil/Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini