Sukses

Warga Makassar Sulap Sampah Jadi Hiasan Mewah

Barang bekas yang diolah dari kaos kaki bekas sampai puntung rokok.

Liputan6.com, Makassar - Banyak inspirasi untuk mengolah barang bekas atau daur ulang sampah untuk dijadikan benda bernilai. Salah satunya inspirasi Nini Nurdin, warga Jalan Wijaya Kesuma, Makassar, Sulawesi Selatan yang mampu menyulap sampah berbahan baku kaos kaki bekas menjadi hiasan ruangan mewah.

Nini mengatakan, banyak sampah yang bermanfaat di sekitar kita, hanya saja banyak orang yang tidak mengetahui ilmu rekayasa dan kegunaannya. Dia menyebutkan benda-benda seperti kaos kaki bekas, cangkang telur, botol, daun kering, puntung rokok, dan masih banyak lainnya.

"Sampah-sampah ini biasanya saya kumpulkan dari teman-teman, lalu saya olah," jelas Nini kepada Liputan6.com di Makassar, Jumat (13/11/2015).

Dia menjelaskan, proses pemilahan dan pembuatan hiasan hasil daur ulang sampah memakan waktu selama dua hari. Setelah produksi, pemasarannya masih dalam lingkup teman, kerabat, dan tetangga.

"Jika dilihat seperti gampang gampang susah membuatnya, butuh ketelitian dan akurasi yang tepat untuk menghasilkan karya seni," kata Nini.

Barang-barang olahan itu selanjutnya dibanderol mulai dari harga Rp 100.000 hingga Rp 300.000. Barang olahan itu untuk hiasan meja, pot bunga, hiasan dinding, souvenir perayaan dan masih banyak lainnya yang disesuaikan dengan orderan. (Hmb/Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini