Sukses

KSAL Belanda Ziarah ke Makam Kembang Kuning Surabaya

Jasad personel Angkatan Laut dan marinir Belanda yang meninggal saat perang dimakamkan di Kembang Kuning.

Liputan6.com, Surabaya - Usai mengikuti International Maritime Security Symposium (IMSS) di Jakarta, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Belanda Generaal Verkerk melaksanakan kunjungan dan ziarah ke Makam Kehormatan Belanda Kembang Kuning, di Jalan Kembang Kuning, Surabaya, Jumat (18/9/2015).

Jenderal bintang 4 itu disambut Direktur Oorlogsgravenstichting Indonesia atau Yayasan Makam Kehormatan Belanda di Indonesia, Robert Van de Right, yang didampingi  Kepala Pengawas Makam RM Soekarjono, serta beberapa petugas makam.

Robert Van de Right menyebutkan ada 7 makam Belanda atau ereveld di seluruh Indonesia. Selain Ereveld Kembang Kuning, ada 2 ereveld di Jakarta yakni di Menteng Pulo dan Ancol, Kalibanteng dan Candi di Semarang, serta sisanya di Leuwigajah Cimahi, dan ereveld  Pandu di Bandung.

Ereveld Kembang Kuning, dia menambahkan, disebut juga Ereveld Angkatan Laut. Seluruh jasad yang dimakamkan di sini adalah para personel Angkatan Laut Belanda maupun marinir Belanda yang meninggal saat perang pada 27 Februari 1942 di Laut Jawa.

"Di sini juga turut dimakamkan para wanita dan anak-anak yang wafat di kamp perang milik tentara Jepang," kata Robert kepada Generaal Verkerk dan seluruh rombongan, Jumat (18/9/2015).

Usai menyimak keterangan tersebut, General Verkerk beserta rombongan segera menuju makam untuk meletakkan karangan bunga pada salah satu makam. Selanjutnya penghormatan terakhir disertai tabur bunga.  (Hmb/Ron)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.