Sukses

Peras Nakhoda Kapal Batu Bara, 4 Perompak Dibekuk TNI AL

Petugas berhasil menyita senjata tajam berupa sebilah pisau, golok, dan parang.

Liputan6.com, Palembang - Setelah sekian lama beraksi, akhirnya kawanan perompak kapal batu bara di Sungai Musi Palembang, Sumatera Selatan diciduk anggota TNI Angkatan Laut (AL).

Pada Selasa 18 Agustus 2015 siang, 6 perompak menggunakan speedboat menghampiri Kapal TB Noah IV yang sedang lego jangkar menunggu muatan batu bara. Menggunakan senjata tajam, para perompak itu meminta paksa bahan bakar jenis solar kepada nakhoda kapal.

Di saat bersamaan, anggota Lanal Palembang yang sedang patroli memergorki aksi kawanan perompak itu. Para petugas pun langsung melakukan penyergapan. Dari 6 tersangka, petugas menciduk 4 perompak, yaitu Apri (28), Aripin (28), Wijaya Kusuma (25), dan Iskandar (19). 2 Perompak lainnya yakni Dayat dan Aguk lolos menggunakan speedboat.

Dari penangkapan, petugas berhasil menyita 6 unit jeriken bermuatan 30 liter untuk menampung solar dan senjata tajam berupa sebilah pisau, golok, dan parang.

Komandan Lanal (Danlanal) Palembang Kolonel Laut (P) Purwanto mengatakan, dengan adanya penangkapan perompak ini, pihaknya akan melakukan penyidikan lebih lanjut.

"Setelah ini saya akan mengeluarkan surat perintah penyidikan selama 20 hari ke depan untuk melakukan pengembangan. Jika dalam pengembangan para tersangka terbukti melakukan tindak pidana berat, akan kita lakukan penyidikan. Tapi jika hanya tindak pidana pemerasan, kasus ini kita limpahkan ke polisi," kata Purwanto kepada Liputan6.com, Kamis (20/8/2015). (Sun/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini