Sukses

Potret Pengguna Internet di Cirebon

Liputan6.com, Cirebon - Peningkatan pengguna perangkat mobile atau atau ponsel pintar di Indonesia terus mengalami peningkatan. Termasuk di kawasan Pantura Cirebon Jawa Barat. Seiring dengan kondisi itu, perusahaan penyedia jasa layanan telekomunikasi dan multimedia di Indonesia Biznet terus berupaya mengambil peluang tersebut.

Regional Manager Biznet Area Jabar, Nur Aida, mengakui Cirebon merupakan salah satu pengguna internet tertinggi di Jawa Barat.

Aida mengatakan, pengguna internet khususnya pelanggan Biznet di Cirebon masuk ke peringkat ke-3 setelah Bandung dan Karawang. Di Jawa Barat, Biznet sudah meng-cover tujuh daerah.

Menurut dia, tingginya potensi pengguna internet di Jawa Barat membuat optimistis untuk terus mengembangkan usahanya. Dia mengatakan, sebagian besar pengguna internet di Cirebon dari kalangan anak muda.

Sementara itu,  media sosial merupakan website yang banyak diakses oleh anak muda Cirebon. Sisanya digunakan untuk mengakses gim petualangan yang tengah digandrungi pengguna gawai.

"Itu data yang kami catat sebagian besar dari pelanggan," ujar dia kepada wartawan.

Pada kesempatan tersebut, Aida juga mengatakan akan merangkul anak milenial. Termasuk, perluasan jangkauan internet ke wilayah III Cirebon.

Dia mengatakan, dalam waktu dekat Biznet akan melakukan ekspansi ke Tasikmalaya, Garut, Banjar, dan Ciamis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Internet Bagus

Di tengah perkembangan era digital, Biznet juga melakukan pengawasan terhadap pengguna internet di Indonesia khususnya Cirebon. Senior Manager Wilayah Jawa Barat West Wayan Raka mengatakan, pengawasan pengguna internet sesuai ketentuan yang ditetapkan pemerintah.

Dia mengaku, pentingnya mengawal masyarakat mengakses internet karena terjadi peningkatan signifikan terhadap pengguna internet. Dari catatan Biznet, jumlah pelanggan mengalami peningkatan lebih dari 25 persen setiap tahun.

"Kami juga sudah MoU dengan pemerintah setempat untuk kampanye internet positif," ujar dia.

Raka menyebutkan, jumlah pelanggan Biznet mencapai 5000 tiap tahun dengan beragam paket langganan. Oleh karena itu, hampir semua perangkat internet seperti fiber optik sudah terpasang di seluruh wilayah Kota Cirebon.

Namun demikian, tidak semua masyarakat Cirebon dapat mengakses internet yang disediakan Biznet. Raka mengatakan, pengguna internet aktif sebagian besar berada di Kota Cirebon.

"Iya karena kita melihat pasar di Kota Cirebon dulu kalau bagus mungkin ekspansi fiber optik di Kabupaten Cirebon," kata dia.

Saksikan vidio pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.