Sukses

Wajah Baru Wisata di Situs Gua Sunyaragi Cirebon

Gua Sunyaragi Cirebon terus berinovasi guna meningkatkan jumlah wisatawan

Liputan6.com, Cirebon - Cirebon merupakan salah satu kota tujuan wisata yang semakin banyak di kunjungi, terutama pada musim libur. Beragam warisan budaya hingga situs bersejarah juga banyak dikunjungi para turis saat berwisata di Pantura Jawa Barat.

Berbagai upaya menarik minat para wisatawan ke Cirebon terus dilakukan baik oleh pemerintah maupun pihak keraton. Salah satunya dengan mengembangkan potensi wisata yang ada di Gua Sunyaragi Cirebon.

Situs peninggalan kerajaan Cirebon yang berusia sekitar 400 tahun tersebut kini memiliki wajah baru. Tanpa harus merombak kondisi situs yang ada, Gua Sunyaragi dilengkapi dengan empat wahana permainan baru.

Permainan tersebut yakni Balon Terbang, Ayunan Terbang, Sepeda Terbang dan Panahan. Uniknya, keempat permainan baru ini berlatar belakang keindahan Gua Sunyaragi.

Pengunjung yang naik sepeda terbang maupun balon terbang dapat melihat keindahan Gua Sunyaragi dari sudut yang berbeda.

"Empat wahana baru ini mudah-mudahan dapat menarik dari kalangan semua usia dan tidak membosankan ketika berkunjung ke Gua Sunyaragi," kata Sultan Keraton Kasepuhan PRA Arief Natadiningrat, Sabtu (10/3/2018).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sentuhan Kreatif

Arief mengaku, selain mengunjungi wisata sejarah tentang Gua Sunyaragi, pengunjung juga dapat menikmati wahana baru yang umumnya ditemui di tempat wisata kawasan pegunungan. Menurut dia, Cirebon memiliki catatan sejarah yang cukup panjang.

Otomatis, ujar dia, ragam peninggalan sejarah yang ada di Cirebon pun menjadi daya tarik wisatawan. Namun, kata dia, butuh sentuhan kreativitas yang sesuai dengan perkembangan zaman.

"Tujuannya meningkatkan jumlah wisata dan membuat nyaman serta aman bagi wisatawan yang berkunjung ke Cirebon," ujar Arief.

3 dari 4 halaman

30 Ribu Wisatawan

Sejauh ini, jumlah pengunjung yang datang ke Gua Sunyaragi Cirebon mencapai 25 hingga 30 ribu per bulan. Padahal, kata dia, tiket masuk ke Gua Sunyaragi terbilang murah yakni Rp 10 ribu per orang.

"Wahana baru juga tiketnya tidak mahal kok antara Rp 10 ribu sampai Rp 20 ribu per orang," sebut Arief.

Dia mengatakan, seluruh elemen masyarakat perlu bekerja keras meningkatkan kunjungan wisata di Cirebon. Baik pemerintah, masyarakat maupun pihak keraton itu sendiri.

Selain itu, banyaknya peninggalan sejarah dan budaya berpotensi wisata di Cirebon perlu lebih sinergis. Antara wisata budaya, ziarah makam dengan wisata permainan, kerajinan hingga kuliner.

"Misalnya di Gua Sunyaragi memang seperti itu kalau tidak ada yang menarik dikhawatirkan tidak ada yang mau datang lagi bahkan pengunjung cenderung menurun," ujar dia.

4 dari 4 halaman

Pagelaran Seni

Tidak hanya menyajikan situs warisan sejarah, Arief mengatakan, di Gua Sunyaragi Cirebon rutin menggelar beragam kegiatan pentas seni dan budaya. Pentas seni tersebut digelar tiap satu bulan sekali dengan mengangkat kesenian tradisional baik di Cirebon maupun luar Cirebon.

"Setiap hari Sabtu sekitar pertengahan bulan itu pagelaran seni kita adakan di Gua Sunyargi," kata Arief.

Pada kesempatan tersebut, Arief meminta seluruh elemen masyarakat terys berinovasi meningkatkan potensi wisata di daerahnya. Namun demikian, kata dia, pengembangan potensi wisata harus seimbang dengan pelayanan yang ramah sehingga membuat pengunjung nyaman.

Saksikan vidio pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.