Sukses

Sempat Jadi Celaan, Begini Penampakan Harimau di Tugu Maung Bandung

Ogah dibilang anjing laut, harimau di Tugu Maung Bandung bertransformasi. Begini hasilnya.

Bandung - Masih ingat dengan patung harimau pada Tugu Maung Bandung yang sempat viral? Keberadaan patung ini menjadi buah bibir masyarakat karena ketidakmiripannya dengan harimau, melainkan mirip anjing laut.

Namun, kini patung itu sudah berubah penampakannya menjadi lebih mirip maung atau harimau. Saat ini, kondisi patung maung Bandung sudah lebih garang.

Patung maung yang terletak di beberapa titik kota Bandung berupa tugu itu merupakan sebuah penanda kota lama. Namun pasca dipasangnya patung maung di Jalan WR Supratman-Brigjen Katamso pada akhir 2017 lalu, sempat mengundang kritik dari warga.

Pasalnya Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan membuat tugu dengan patung maung namun lebih mirip anjing laut.

Rio, seorang pengamen di Jalan Brigjen Katamso Rio menyebut patung maung dulunya mirip anjing laut. "Iya dulu sempat ramai orang-orang nyebut ini patung teh mirip anjing laut. Tapi emang iya sih gak ada sangar-sangarnya," kata Rio kepada JawaPos.com di Jalan Brigjen Katamso, Bandung, Senin, 5 Maret 2018.

Penyebutan mirip anjing laut, kata Rio karena bentuk dan warna dari patung maung sendiri. "Kan kalau maung sangar badannya juga gak gembrot (gemuk) kaya patung dulu, terus warnanya putih coba kalau loreng warna maung mirip mungkin," ucap dia. 

Tugu Maung Bandung di Jalan WR Supratman- Brigjen Katamso, Bandung, Senin (5/3). (Siti Fatonah/ JawaPos.com)

Setelah diperbaiki patung mirip anjing laut di Tugu Maung Bandung itu sudah lebih mirip dengan harimau. "Kalau sekarang udah mendingan mirip, badannya berotot tapi enggak gembrot," jelasnya.

 

Baca berita menarik lainnya dari JawaPos.com di sini.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tanggapan Warga

Hal serupa diutarakan warga Bandung Novi Maulani mengatakan aneh dinamakan patung maung, tetapi mirip anjing laut. "Aneh saja, kok patungnya enggak mirip maung tapi kesannya jadi anjing laut gitu," sebut Novi di Jalan WR Supratman, Bandung, Senin.

Seorang pelajar SMPN 14 Bandung Azka Anandi mengatakan patung tidak tampak ada berbedaan jika dilihat dari kejauhan. "Patungnya kan sudah diganti, tapi kalau dari jauh mah sama saja sih enggak beda jauh sama yang dulu," ujar Azka di Jalan Brigjen Katamso.

Namun, kata dia, kalau dari dekat memang sudah mirip maung. "Dari dekat mirip, badannya juga kekar, mukanya sangar, mulutnya terbuka ada giginya (taring)," tuturnya.

Kini, patung maung di Jalan WR Supratman-Brigjen Katamso sudah diganti dengan patung yang baru. Sehingga tidak lagi dikritik warga Bandung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.