Sukses

Akses Menuju Kawasan Hotel Terbaik Internasional Nihiwatu Segera Dibangun

Nihiwatu merupakan hotel terbaik di dunia 2017 versi majalah asal Jerman, Travel Leisure.

Liputan6.com, Kupang - Kementerian PUPR dalam tahun ini mengalokasikan anggaran sebesar Rp 25 miliar untuk mendukung pembangunan jalan sepanjang lima kilometer dari Kota Waikabubak, ibu kota Kabupaten Sumba Barat menuju kawasan Hotel Nihiwatu yang disebut terbaik di dunia versi Travel Leisure.

"Tahun ini dari panjang jalan 16 kilometer baru dibangun jalan sepanjang lima kilometer sebagai tahap pertama dengan anggaran pembangunannya sebesar Rp 25 miliar," kata Ketua Komisi V DPR Fahry Djemi Francis kepada Liputan6.com, Rabu, 28 Februari 2018.

Ia mengatakan untuk membangun jalan sepanjang 16 kilometer dari Kota Waikabubak-Nihiwatu membutuhkan anggaran sebesar Rp 90 miliar. Selain membangun dan memperbaiki jalan, akan ada beberapa spot penanganan sepanjang jalan menuju kawasan Hotel Nihiwatu.

"Kemudian, ada juga jalan ke Pasola Wanokaka dari arah Nihiwatu juga panjangnya mencapai 11-12 kilometer," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dalam Proses Lelang

Namun, ia mengingatkan anggaran bisa dikucurkan bila Pemerintah Kabupaten Sumba Barat sudah menyelesaikan persoalan pembebasan lahan milik warga.

Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) X Kupang Bambang Nurhadi membenarkan hal tersebut. Ia mengatakan saat ini sedang dalam proses lelang untuk mengetahui perusahaan mana yang akan membangun jalan sepanjang 16 kilometer itu.

"Kita perkirakan April sudah mulai dikerjakan. Namun, pembangunan jalan itu hanya dari Waikabubak-Nihiwatu, sementara dari Nihiwatu ke lokasi Pasola Wanokaka belum dikerjakan," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini