Sukses

Jangan Nakal, Ribuan Kamera Pengintai Bakal Disebar di Pekanbaru

Ada seribu kamera pengintai yang akan disebar hingga seluruh pelosok wilayah di Pekanbaru, Riau.

Pekanbaru - Warga Pekanbaru bisa sedikit tenang karena sebanyak seribu closed circuit television (CCTV) atau kamera pengintai akan disebar di setiap sudut ibu kota Riau itu. Tujuan pemasangan kamera ini untuk memantau kondisi Kota Pekanbaru.

Plt Kepala Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Kota Pekanbaru, Firmansyah Eka Putra menyebutkan seribu CCTV ini akan menjadi target Dinas Komunikasi Informatika (Kominfo), Statistik, dan Persandian Kota Pekanbaru dalam lima tahun ke depan.

Bahkan, kata Eka, CCTV tidak hanya dipasang di jalan untuk memantau kondisi lalu lintas saja, tetapi juga akan dipasang di setiap kelurahan se-Kota Pekanbaru untuk memantau aktivitas warga. "Target kita ke depan, tiap kelurahan ada 10 CCTV," ungkap Eka kepada Riauonline.co.id.

Eka mengatakan, saat ini, Dinas Kominfo telah mengusulkan pengadaan 50 unit CCTV sebagai tahap awal. Hal ini disesuaikan dengan ketersediaan anggaran Pemerintah Kota Pekanbaru.

"CCTV ini tediri dua jenis, pertama analitik untuk menganalisa dan yang kedua jenis biasa yang hanya bisa menampilkan gambar. Yang terbanyak CCTV biasa, karena disesuaikan dengan ketersediaan anggaran," jelas dia.

Baca berita menarik lainnya dari Riauonline.co.id di sini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prioritas Pemasangan CCTV

Sementara itu, Dinas Kominfo akan menggelar rapat terlebih dahulu bersama Polresta, Dinas Perhubungan, dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Namun, sebagai target awal, ungkap Eka, pihaknya akan melakukan pemasangan di persimpangan dan pusat-pusat keramaian.

"Namun nanti kita rembukkan terlebih dulu dengan instansi terkait," tutupnya.

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.