Sukses

Warga Berharap Korban Tersambar Petir Hidup Lagi, Begini Kepercayaannya

Dari sembilan korban tersambar petir, dua orang dilaporkan tewas. Sementara tujuh lainnya mengalami luka bakar serius.

Karangasem - Hujan lebat yang mengguyur Bumi Tanah Aron, Karangasem, Bali, Minggu, 25 Februari 2018 sore mendatangkan petaka. Satu keluarga yang tengah berteduh di sebuah gubuk di Banjar Dinas Tulamben, Desa Tulamben, Kubu, disambar petir.

Dari sembilan korban, dua orang dilaporkan tewas. Sementara tujuh lainnya mengalami luka bakar serius.

Berdasar informasi, sembilan warga yang tersambar petir itu antara lain I Wayan Tebeng, 70, Ni Nyoman Bawak, 35, I Ketut Tika, 35, Ni Ketut Sari, 35, Ni Luh Putu Mei, 12, I Kadek Denik, 8, I Komang Erik, 3, I Ketut Purnami, 13, dan I Nyoman Para, 45.

"Ya, para korban masih satu keluarga," ujar Kapolsek Kubu AKP I Made Suadnyana, Minggu petang.

Insiden itu menewaskan I Wayan Tebeng, 70, dan Ni Nyoman Bawak, 35. Sementara tujuh lainnya mengalami luka bakar dan kini mendapat perawatan di Puskesmas Kubu I.

Kapolsek Kubu AKP I Made Suadnyana mengungkapkan, hingga Minggu, pukul 22.00 Wita masih berada di TKP untuk menunggu jenazah dua korban sambaran petir.

Baca berita menarik lainnya dari JawaPos.com di sini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Korban Tak Boleh Disentuh

Menurutnya, dua korban tidak boleh disentuh hingga pukul 24.00 Wita. Masyarakat setempat memiliki keyakinan bahwa warga yang tersambar petir ada kemungkinan hidup lagi. Keduanya dianggap hanya tidak sadarkan diri.

Dengan catatan tidak disentuh hingga pukul 24.00 Wita untuk mengembalikan arwahnya ke dalam tubuh korban. Jika disentuh, maka arwahnya tidak bisa kembali ke tubuhnya.

"Memang di wilayah ini jika turun hujan kerap disertai petir. Nah, dua tahun lalu ada yang tersambar petir dan tidak sadarkan diri. Namun, sekitar pukul 24.00 Wita, tiba-tiba sadar sehingga peristiwa inilah yang menjadi kepercayaan masyarakat di sini," katanya.

Meski menurut tim medis, kedua korban ini sudah meninggal dengan ciri-ciri lebam mayat, pihaknya mengaku menghormati keluarga korban yang masih berharap kedua korban bisa kembali hidup.

"Ini kami masih menunggu di TKP sampai pukul 24.00 Wita," terangnya kepada Jawa Pos.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.