Sukses

Waspada Uang Palsu Beredar Jelang Pilkada

Liputan6.com, Bengkulu - Bank Indonesia meminta masyarakat untuk tetap mewaspadai beredarnya uang palsu menjelang perhelatan Pilkada Langsung pertengahan 2018 mendatang. Sebab beberapa pihak yang berkepentingan untuk memenangkan kontestasi politik pemilihan kepala daerah bisa saja melakukan tindakan nekat tersebut.

Kepala Kantor Bank Indonesia Perwakilan Bengkulu Endang Kurnia Saputra mengatakan, Selain pihak yang bekepentingan, peredaran uang palsu juga bisa dilakukan oleh pihak yang akan mengambil kesempatan sesaat. Momentum Pilkada digunakan untuk mengelabui aparat keamanan dan bisa mengacaukan situasi.

"Ini tahun politik, uang palsu sangat rentan beredar dalam situasi sekarang ini," tegas Endang di Bengkulu, Sabtu (24/2/2018).

Momentum Pilkada langsung tahap tiga yang digelar bulan Juni mendatang berkaitan erat dengan Pemilu Legislatif 2019 dan Pemilihan Presiden. Masyarakat diminta berhati hati dan melaporkan kepada aparat keamanan jika menemukan keanehan dan kecurigaan terhadap fisik uang yang diterima.

"Laporkan saja, pasti ditindaklanjuti, tolong informasinya jangan dipendam," Endang Kurnia melanjutkan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Peningkatan Kasus Uang Palsu

Kasus uang palsu yang beredar di Provinsi Bengkulu terus mengalami peningkatan. Rata-rata setiap bulan terjadi kasus uang palsu sebanyak 9 hingga 11 kasus yang ditangani aparat kepolisian.

Angka tersebut belum termasuk temuan di lapangan melalui Teller Bank Swasta maupun Nasional. Kasus lain juga termuan masyaratak yang laporkan langsung kepada pihak perbankan khsususnya kepada Bank Indonesia.

Menurut Endang Kurnia Saputra, saat ini penanganan uang palsu sudah terkordinassi melalui Badan Koordinasi Pemberantasan Uang Palsu atau BKPUP. Kerjasama yang dilakukan juga sudah berjalan dengan baik. Bank Indonesia sendiri sebagai pemegang otoritas peredaran uang di Indonesia selalu mendatangkan saksi ahli dalam setiap penanganan perkara terkait uang palsu.

"Saksi ahli kita datangkan untuk kepentingan proses persidangan," ungkap Endang.

Sosialisasi terkait pencegahan peredaran uang palsu juga terus dilakukan BKPUP. Selain mengenalkan ciri uang Rupiah asli kepada masyarakat, himbauan untuk waspada uang palsu juga dilakukan terus menerus.

3 dari 3 halaman

Tolak Politik Uang

Pilkada Kota Bengkulu diikuti empat pasangan calon yang sudah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum. Tiga pasangan calom diusung partai politik dan satu pasangan calon maju melalui jalur perseorangan atau independen.

Pasangan nomor urut 1 adalah David Suardi dan Bakhsir yang maju melalui jalur independen dengan mengantongi dukungan sebanyak 31.666 KTP yang sudah diverifikasi oleh KPUD Kota Bengkulu.

Pasangan nomor urut 2 adalah politisi perempuan Parta Nasdem yang saat ini masih menjabat sebagai Ketua DPRD Kota Bengkulu, Erna Sari Dewi yang berpasangan dengan politisi Partai Keadilan Sejahtera Ahmad Zarkasi.

Pasangan nomor urut 3 yang diusung Partai Gerindra dan PAN adalah pertahana Helmi Hasan yang berpasangan dengan mantan Sekretaris KNPI Provinsi Bengkulu Deddy Wahyudi.

Sedangkan pasangan nomor urut 4 Politisi Partai Golkar yang juga pertahana sebagai wakil walikota mendampingi Helmi Hasan pada periode sebelumnya, Patriana Sosialinda yang berpasangan dengan Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Bengkulu Mirza.

Ketua Bawaslu Provinsi Bengkulu Parsadaan Harahap meminta semua pihak menghormati proses demokrasi ini dengan tidak melakukan politik kotor. Apalagi kesepakatan untuk tidak melakukan permainan politik uang sudah dideklarasikan secara bersama sama.

"Jangan ada politik uang, apalagi uang palsu, sangat berbahaya dan hukumnya sangat jelas dan berat," tegas Parsadaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini