Sukses

Pagi Ceria di Bukit Senyum Burangrang Selatan

Liputan6.com, Bandung Barat - Lereng selatan Gunung Burangrang di Desa Cipada, Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, ternyata menyimpan banyak panorama indah dan menawan. Satu di antaranya Bukit Senyum.

Kenapa disebut Bukit Senyum? Konon, penamaan bukit ini berasal dari ujaran spontan seorang anggota kelompok Tani Hutan Rimba Sejahtera bernama Sugondo.

Dia selalu melihat orang-orang yang tergabung dalam Lembaga Masyarakat Hutan (LMDH) tersenyum saat tiba di atas bukit. Terutama, saat mereka melihat pemandangan sekitar kawasan Gunung Burangrang, Bandung Barat.

Secara kasat mata, sajian pemandangan indah terhampar di bukit kawasan Gunung Burangrang, Kabupaten Bandung Barat, yang dikelilingi pohon pinus ini. Banyak pengunjung datang untuk berfoto karena spot yang ada cukup instagramable.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Tersembunyi dari Jangkauan Wisatawan

Lokasi Bukit Senyum memang sedikit tersembunyi dari jangkauan wisatawan pada umumnya. Namun, bagi yang senang mengeksplorasi alam, tempat wisata ini tidak terlalu sulit untuk ditemukan.

Bukit ini masih satu hamparan dengan Burangrang sebagai salah satu gugusan gunung legendaris di Tanah Priangan.

Berlokasi di Desa Cipada, Kecamatan Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat, Bukit Senyum menawarkan keindahan bentangan alam. Terutama pohon pinus berjajar rapi, perkebunan teh yang terhampar luas, dan lanskap waduk Saguling.

 

3 dari 6 halaman

Jalur Menuju Bukit Senyum

Untuk mencapai lokasi wahana wisata alam ini, jalur termudah dari Kota Bandung adalah melalui Jalan Sersan Bajuri. Hingga bertemu jalan masuk di samping Sekolah Polisi Negara (SPN) Cisarua.

Dari situ, perjalanan dilanjutkan menuju Jalan Tugu sampai menemukan Pasir Langu. Kemudian ambil belok kiri menuju Jalan Sukaraja dan belok ke kanan ke Jalan Pasar Senen sampai ke Cipare Babakan.

Dari sana dilanjutkan ke Jalan Lapang dan selanjutnya tinggal mengikuti arah jalan tersebut. Setelah menempuh jarak sekitar satu kilometer maka akan sampai di lokasi objek wisata tersebut.

 

4 dari 6 halaman

Tanjakan dan Turunan Berliku

Perlu diketahui, perjalanan sejauh 10 kilometer dari Parongpong menuju Desa Cipada akan melewati turunan, tanjakan dan berliku. Tak hanya itu, jalan menuju ke lokasi masih belum sepenuhnya beraspal atau beton.

Untuk itu, para pengunjung wajib meningkatkan kewaspadaan. Terutama, saat berkunjung dalam musim penghujan.

Adapun tiket masuk ke Bukit Senyum hanya dikenakan Rp 5.000. Kendaraan roda dua juga dikenakan tarif Rp 3.000 dan kendaraan roda empat Rp 5.000.

Harga yang relatif terjangkau untuk segala lapisan masyarakat.

 

5 dari 6 halaman

Titik Foto Menarik

Kontur alam Bukit Senyum Burangrang Selatan berada di tengah areal kawasan hutan alam pinus yang lebat dan rindang.

Hampir bisa dipastikan setiap pengunjung yang datang ke sana tidak akan menyia-nyiakan momen. Mereka pun dapat berbagi keceriaan di pagi hari hingga sore hari.

Bukan tanpa alasan. Sebab, terdapat beberapa titik yang mempunyai pemandangan alam yang indah untuk jadi latar foto.

Salah satunya berfoto di atas jembatan buntu yang terbuat dari bambu. Ambillah foto dengan latar belakang bukit yang mengarah ke Waduk Saguling.

 

6 dari 6 halaman

Pilih Mana, Tempat Tidur Gantung atau Saung?

Titik berikutnya tidak jauh dari jembatan ada tempat hammock atau buaian. Tidak perlu bawa tempat tidur gantung karena di lokasi ini sudah ada jasa penyewaan.

Selain itu, Perhutani selaku pengelola juga telah menyediakan fasilitas toilet, musala, dan tempat makan. Untuk menikmati makanan disediakan saung yang terbuat dari bambu.

Secara keseluruhan, tempat wisata alam Bukit Senyum di lereng selatan Gunung Burangrang menawarkan keindahan alam yang indah. Belum lagi suhu udara kawasannya yang sejuk dan dingin.

Hal ini mengingat lokasinya yang berada tepat di atas ketinggian sekitar 1.300 meter di atas permukaan laut. Bagaimana, Anda tertarik mengunjungi Bukit Senyum?

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.