Sukses

Menteri Susi Soroti Video Perempuan Buang Sampah ke Laut Donggala

Hingga kini, Pemkab Donggala belum bereaksi atas video yang dikicaukan Menteri Kelautan Susi Pudjiastuti itu.

Liputan6.com, Donggala - Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Susi Pudjiastuti, menanggapi salah satu kicauan warganet di akun @mozafemimoza. Akun Twitter itu mengunggah video berdurasi 18 detik.

Isinya memperlihatkan seorang warga tengah membuang sampah di laut. Video itu diambil di Donggala, Sulawesi Tengah.

Dalam video itu terekam seorang wanita yang mengenakan baju berwarna cokelat berjalan sambil menyeret tong berisi sampah. Sambil terombang-ambing karena ombak, wanita itu kemudian membalikkan isi tong ke dalam laut.

Video yang diunggah pada Selasa, 13 Februari 2018 itu viral di media sosial. Akun Twitter Moza juga menyertakan tulisan berikut ini.

"Jika ada yang bertanya kenapa cuman direkam? Karena kalau ditegur agak berbahaya, daerahnya memang rawan, pernah kejadian orang hampir dikeroyok setelah menegur warga sekitar untuk tidak membuang sampah disitu, Jadi tindakan menegur seperti ini cukup beresiko. Tapi mendokumentasikan kejadian juga penting untuk bukti apalagi jika kejadian ini dilaporkan kepemda untuk dicarikan solusinya dan ditindak tegas untuk menjaga kebersihan laut."

Yang membuat ramai, kicauan itu langsung ditanggapi Menteri Kelautan Susi Pudjiastuti. Selain itu, Menteri Susi juga ikut me-retweet akun Moza.

"Ayo sebarkan sampai pemda menegur pemilik tmpt wisata ini," tulisnya.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengundang Reaksi Warganet

Mendadak sontak, warganet lain langsung bereaksi. Akun @Van_ch misalnya, ia turut mengomentari  video yang diunggah Moza.

"Masyarakat seperti ini jangan dihakimi, mereka hanya perlu diberi edukasi mengenai dampak dari tindakan mereka jika terus-menerus membuang sampah ke lautan."

Hingga kini unggahan @mozafemimoza sudah di-retweet ratusan kali.

Kabupaten Donggala adalah salah satu kabupaten yang terdapat di Provinsi Sulawesi Tengah. Kabupaten Donggala terkenal dengan wisata pantai yang memukau, mulai dari Tanjung Karang, Pusat Lau, Bone Oge, Pantai Kaluku, dan masih banyak lagi obyek wisata pantai lainnya.

Sangat disayangkan apabila tindakan menyimpang masyarakatnya merusak keindahan Laut Donggala yang pada akhirnya akan berdampak pada mata pencaharian warga Donggala. Hingga saat ini, belum ada tindakan maupun konfirmasi dari pemda setempat terkait video ini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.