Sukses

Makin Parah, Banjir di Pantura Jawa Tengah Makan 2 Korban Jiwa

Salah satu korban tewas terseret arus bawah Sungai Pemali di Pantura saat hendak menutup gorong-gorong saat banjir.

Liputan6.com, Brebes - Banjir yang merendam ribuan rumah dan bangunan hingga kompleks perkantoran di wilayah Pantai Utara (Pantura) Kabupaten Brebes dan Kota Tegal, Jawa Tengah, semakin parah, Senin (12/2/2018). Terutama setelah permukaan dua sungai terbesar di Pantura, yakni Sungai Pemali di Brebes dan Sungai Kemiri di Kota Tegal, meluber di sejumlah titik.

Selain itu, banjir yang mengepung permukiman warga menyebabkan dua warga Kabupaten Brebes meninggal dunia. Korban pertama adalah warga Desa Bojong, Kecamatan Jatibarang, bernama Nindya Kaerunisa (12). Jasadnya kini berada di puskesmas setempat.

Bocah itu meninggal setelah terperosok ke dalam selokan yang ada di depan rumahnya, tadi pagi. "Karena banjir dan selokan tertutup genangan air, korban terpeleset hingga akhirnya tewas tenggelam," kata Camat Jatibarang Brebes, Subagyo.

Dia menjelaskan, korban yang berasal dari RT 13 RW 3 desa setempat saat itu langsung dilarikan ke Unit Gawat Darurat Puskesmas Jatibarang. Namun, nyawanya tak tertolong.

Ia berharap semua pihak untuk saling membantu warga yang saat ini kondisinya sedang kesusahan. Apalagi, banjir masih menggenangi sejumlah desa di wilayahnya dengan ketinggian mencapai satu meter.

"Saat ini, kami bersama warga dan relawan dari BPBD, terus melakukan evakuasi warga. Sampai saat ini 300 keluarga sudah mengungsi di sejumlah titik," ucap Subagyo.

Ia menambahkan, masyarakat korban banjir saat ini membutuhkan makanan berupa nasi bungkus dan pakaianan kering.

"Untuk di Jatibarang sendiri, warga butuh sekitar 500 nasi bungkus. Mereka sejak malam belum makan dan sudah mulai lapar," ucapnya.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, hingga pukul 09.30 WIB, hujan dengan intensitas sedang masih turun. Ribuan rumah warga di wilayah Kecamatan Tegal Barat, yakni Pesurungan Lor, Krandon, Margadana, dan Kaligangsa terendam banjir hingga ketinggian 1,5 meter.

Banjir yang menggenangi rumah warga membuat ratusan warga di jalur Pantura Kota Tegal menyelamatkan barang berharga miliknya. Mereka berdiri di sepanjang jalur Pantura dan meminta sumbangan kepada pengguna jalan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tersedot Arus Bawah Sungai Pemali

Selain Nindy, korban kedua yang meninggal akibat banjir bernama Pendy (45), seorang warga Desa Tengki, Kecamatan Brebes. Ia tewas akibat terseret arus Sungai Pemali sekitar pukul 09.30 WIB.

"Ditemukan meninggal dunia satu jam setelah terseret arus," ucap Kepala BPBD Kabupaten Brebes, Eko Andalas.

Ia menambahkan, sebelum kejadian, korban hendak menutup gorong-gorong yang biasa untuk pengairan. Saat itu, debit air sungai sedang tinggi hingga membanjiri areal lahan pertanian.

"Korban bersama beberapa warga berusaha menutup dengan karung tanah. Tapi, korban malah tersedot hingga ke arus bawah Sungai Pemali," ujarnya.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, proses evakuasi korban berlangsung cukup dramatis. Ratusan warga yang berada di lokasi kejadian sempat menyulitkan proses evakuasi oleh tim SAR gabungan.

Baru sekitar satu jam berselang, Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi dengan bantuan alat seadanya. Sejumlah warga yang juga kerabat korban berteriak histeris saat jasad korban diangkat dan dievakuasi.

Sejak Senin dini hari tadi, debit air di Sungai Pemali meningkat tajam. Tugu penanda menunjukkan debit air di sungai terbesar di Brebes itu naik hingga level merah. Bahkan, ada tiga titik tanggul sungai Pemali yang meluap berada di Terlangu, Lengkong, dan Jatibarang.

"Kami mengimbau agar warga untuk selalu waspada akan bencana banjir susulan. Selalu koordinasi dan terus komunikasi dengan aparat desa setempat. Jaga diri Anda sendiri dan keluarga Anda, selamatkan barang berharga semampunya jika sewaktu-waktu ada banjir datang. Karena cuaca saat ini masih turun hujan dengan intensitas cukup tinggi," ujar Eko.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.