Sukses

Bayi dan Ibu Hamil di Aceh Barat Daya Dapat Roti Gratis

Program pemberian roti gratis di Aceh Barat Daya itu dinilai berhasil mencegah gizi buruk pada bayi dan ibu hamil.

Liputan6.com, Blangpidie - Seluruh bayi dan ibu hamil di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Aceh tiap bulan mendapatkan makanan tambahan secara gratis, sebagai upaya mencegah gizi buruk di daerah itu.

Kepala Dinas Kesehatan Abdya, Anwar Daud mengatakan, makanan tambahan seperti susu dan roti biskuit yang diberikan kepada seluruh bayi, ibu hamil, dan balita itu bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Kabupaten (APBK).

"Setiap tahun Pemkab Abdya melalui APBK selalu menganggarkan untuk kebutuhan makanan tambahan bayi, balita dan ibu hamil agar anak-anak menjadi sehat," ungkapnya di Blangpidie, Senin, 5 Februari 2018, dilansir Antara.

Selain makanan tambahan, lanjut dia, petugas Dinkes Abdya tiap bulan juga menggelar penyuluhan kepada seluruh ibu hamil dan ibu-ibu yang sedang menyusui di seluruh pelosok pedesaan.

"Penyuluhan dan pemberian makanan bergizi ini dilakukan setiap bulan. Petugas kesehatan rutin mendatangi rumah-rumah warga secara langsung di desa-desa. Mereka mengajak ibu menyusui dan ibu hamil untuk kosumsi makanan bergizi seimbang," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sudah Bertahun-tahun

Ia berkata, program penyuluhan dan pemberian makanan bergizi tambahan gratis untuk bayi, balita, ibu menyusui, dan ibu hamil tersebut sudah berlangsung sejak beberapa tahun lalu dan masih bertahan hingga sekarang.

"Alhamudillah di Kabupaten Abdya ini tidak ada kasus balita gizi buruk. Itu semua berkat kerja keras petugas kesehatan yang selalu aktif mengontrol hingga ke seluruh pelosok pedesaan," tuturnya.

Apalagi, lanjut dia, pada 2018, pemerintah pusat juga telah menganggarkan dana untuk pencegahan terjadinya balita gizi buruk melalui sumber Anggaran Pendapatan Belanja Negara.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.