Sukses

Mengintip Kondisi Pabrik Mobil Esemka di Boyolali

Viral di Facebook, apakah mobil Esemka sudah benar-benar diproduksi massal?

Boyolali - Baru-baru ini, foto mobil Esemka ini muncul di media sosial Facebook. Foto ini memancing rasa penasaran terkait kabar kelanjutan produksi massal mobil nasional tersebut di pabriknya di Boyolali.

Dalam foto itu, mobil SUV berwarna putih tersebut diangkut dengan sebuah truk loader. Di bagian belakang mobil Esemka tertera logo bertuliskan Garuda 1. Tidak jelas waktu dan lokasi foto itu diambil. Namun, foto itu membuat orang bertanya-tanya apakah mobil Esemka telah benar-benar diproduksi.

Kabar tersebut bahkan sudah sampai ke perakit mobil Esemka pertama. Mereka berharap dilibatkan dalam proyek Esemka Garuda yang diproduksi PT Adiperkasa Citra Lestari di Boyolali.

"Harapan kami tetap ingin dilibatkan, karena akarnya mobil Esemka kan dari SMK. Berapa persen pun kita coba untuk andil. Kalau tidak seperti itu SMK bisa semakin tertinggal jauh," kata Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Bidang Kesiswaan SMK Warga, Heru Raharjo, sekaligus pionir perakit mobil Esemka ketika berbincang dengan Solopos.com, Rabu, 31 Januari 2018.

Esemka kali pertama muncul pada 2008 yang dirakit oleh siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Nama Esemka makin melejit ketika Joko Widodo yang kala itu masih menjabat sebagai Wali Kota Solo serta Wakil Wali Kota (Wawali) F.X. Hadi Rudyatmo menjadikan mobil Esemka sebagai kendaraan dinas mereka.

Bahkan, saat ini mobil yang memiliki mesin 1.500 cc dan transmisi manual 5 percepatan itu telah menjadi monumen di SMK Warga. "Jadi, daripada tidak terurus di parkiran, kami jadikan monumen di depan sekolah," katanya.

 

Baca berita menarik lainnya dari Solopos.com di sini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kondisi Pabrik Mobil Esemka

Sementara itu, untuk mengobati rasa penasaran itu, Solopos.com menyambangi salah satu pabrik Esemka di Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Boyolali. Menurut informasi, pabrik tersebut hingga saat ini belum beroperasi memproduksi mobil Esemka. Bahkan, pabrik tersebut belum dilengkapi mesin produksi maupun penunjangnya.

Dalam pengamatan Solopos.com, di pabrik itu tidak tampak ada aktivitas produksi mobil. Pintu bangunan utama tertutup, sehingga tidak dapat terlihat bagian dalamnya.

Di sebelah utara, tampak beberapa pekerja proyek sedang menyelesaikan pekerjaan. Sebuah truk molen (truk cor beton) terlihat memasuki area menuju lokasi para pekerja proyek tersebut beraktivitas.

Sementara itu, saat Solopos.com berusaha menemui pengelola, petugas sekuriti mengatakan saat itu sedang tidak ada pihak yang dimaksud. Selain itu, petugas juga menyampaikan pesan semua orang dilarang mendekat atau masuk ke area pabrik.

"Mohon maaf orang luar tidak boleh memasuki area maupun mengambil gambar. Kalau mau meminta informasi lebh lanjut, silakan menghubungi pihak manajemen," ujar salah satu petugas sekuriti.

Petugas hanya mengiyakan bahwa di bagian utara sedang ada pembagunan perluasan pabrik. "Iya, pabrik ini masih ada pengembangan," ujarnya.

Informasi perluasan ini dibenarkan Camat Sambi, Hari Haryanto. "Pabrik Esemka di Desa Demangan sampai saat ini belum produksi. Saya kemarin ke sana, saat ini masih dalam tahap penyelesaian gedung untuk produksi. Yang showroom sudah jadi," ujarnya melalui telepon.

Sementara itu, Managing Director PT. Adiperkasa Citra Esemka Hero (ACEH) belum dapat dimintai konfirmasi mengenai produksi mobil tersebut. Saat dihubungi, nomor teleponnya tidak aktif.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.