Sukses

3 Personel Damkar Poso Tewas Saat Menuju Lokasi Kebakaran

Ketiga personel pemadam kebakaran (damkar) yang tewas itu berada di mobil ketiga dari lima mobil yang dikerahkan.

Liputan6.com, Poso - Satu mobil pemadam kebakaran (damkar) milik Pemerintah Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, pada Selasa, 30 Januari 2018, mengalami kecelakaan lalu lintas. Tepatnya di wilayah Kanawu Kelurahan Madale, Kecamatan Poso Kota Utara.

Mobil yang mengalami kecelakaan tunggal itu memuat delapan personel. Akibatnya, tiga orang anggota damkar meninggal dunia. Seorang di antaranya meninggal di tempat karena tertimpa badan mobil. Sementara, tiga orang lainnya mengalami luka berat dan langsung dilarikan ke RSUD Poso.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun Liputan6.com, korban meninggal dunia adalah dua pegawai negeri sipil (PNS) bernama Bahram Khan Samudin (36) dan Imran Jafar (47), serta seorang pegawai honorer bernama Fadli Panai (30).

Sementara, tiga anggota damkar yang terluka berat adalah seorang PNS bernama Amir Alamri. Kabid Damkar itu mengalami patah tulang. Dua orang lainnya adalah Ahmad Afandi Podungge dan Afandi yang kini masih menjalani perawatan medis di RSUD Poso.

"Dua orang korban selamat identitasnya belum diketahui," kata Kapolres Poso AKBP Bogieq Sugiyarto, Selasa, 30 Januari 2018.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kronologi Kecelakaan

Bogieq mengatakan, kecelakaan bermula saat Satgas Damkar Poso menerima informasi via telepon bahwa terjadi kebakaran sekitar pukul 09.10 Wita di wilayah Kelurahan Madale. Setelah itu, tim damkar yang berjumlah delapan orang langsung menuju lokasi kebakaran.

Di tengah jalan, saat melewati jalan menurun, tiba-tiba sebuah sepeda motor menyalip ke depan mobil damkar dari arah berlawanan. Sopir yang kaget berusaha menghindar dengan membanting setir. Namun, karena tak terkendali, mobil damkar terguling dua kali.

"Mobil sebelum terguling sempat menghindar pengendara sepeda motor, karena posisi mobil berat dan berada di tikungan tajam akhirnya mobil langsung terguling dan mengakibatkan tiga meninggal dan tiga luka berat," kata Bogieq.

Dilansir Antara, salah seorang petugas Damkar Poso, Indrawata menerangkan, saat kejadian, Damkar Poso menurunkan lima unit mobil pemadam menuju lokasi kebakaran. 

Indawata yang saat itu berada pada mobil di urutan ke-3 melihat, ketiga korban yang meninggal dunia, berada di mobil paling depan, berdiri di tengah mobil, antara tangki air dan depan mobil.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.