Sukses

RSUD Kewalahan Tampung Puluhan Penderita Gizi Buruk di Asmat

Liputan6.com, Jayapura - Wabah campak dan gizi buruk masih menghantui wilayah Kabupaten Asmat. Sebanyak 86 pasien anak gizi buruk dan campak di kabupaten tersebut masih dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) setempat dan beberapa gereja.

Yusuf Wona, salah satu anggota tim kesehatan Kejadian Luar Biasa (KLB) Asmat yang dikirim Dinas Kesehatan Provinsi Papua ketika dikonfirmasi dari Jayapura mengatakan, jumlah total pasien gizi buruk dan campak yang masih dirawat di rumah sakit setempat dan di gereja berjumlah 86 orang.

Dari jumlah itu, menurut dia, hingga kini RSUD Asmat masih merawat sebanyak 36 pasien gizi buruk dan campak.

Dia merincikan, dari 36 pasien itu, sebanyak 29 pasien anak sementara masih mendapat perawatan dan pengobatan di bangsal.

"Sedangkan, tujuh pasien gizi buruk dan campak masih dirawat di ruang Unit Gawat Darurat (UGD)," kata Yusuf yang kini menjabat Kepala Seksi Kesehatan Tradisional Dinas Kesehatan Provinsi Papua itu, Kamis (25/1/2018), dilansir Antara.

Dia mengatakan, hingga Rabu, 24 Januari 2018, tidak ada penambahan pasien baru yang masuk ke RSUD Asmat, karena rumah sakit tersebut sudah tidak cukup menampung pasien gizi buruk yang dirujuk.

Sebanyak 50 pasien anak gizi buruk dan campak yang hendak dirujuk ke RSUD Asmat terpaksa ditampung dan dirawat di gereja.

"Mereka ditampung di Aula Gereja baik di gereja Katolik maupun di gereja lainnya yang ada di Asmat," tambah dia.

1 dari 2 halaman

Menkes Tinjau Penderita Gizi Buruk dan Campak di Asmat

Menteri Kesehatan Nila F Moeloek, Kamis pagi bertolak menuju Agats, ibu kota Kabupaten Asmat, Provinsi Papua untuk mengunjungi para pasien wabah campak dan gizi buruk di daerah itu.

Dalam kunjungan kerja ke Asmat itu, Menkes didampingi sejumlah pejabat teras Kemenkes seperti Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Usmin Sumantri, Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan SDM Oscar, Dirjen Farmalkes Eko Parlin dan Kepala Pusat 3 Litbang Linda Sitanggang.

Rombongan Menkes tiba di Bandara Mozes Kilangin Timika, Kamis (25/1) pagi dari Jakarta. Selama berada di Agats, Menkes Nila F Moeloek dijadwalkan mengunjungi Posko Kesehatan Terpadu dan RSUD Asmat yang menangani ratusan pasien campak dan gizi buruk.

 

Simak video pilihan berikut ini:

Artikel Selanjutnya
Anak yang Terkena Gizi Buruk dan Campak Rentan Meninggal
Artikel Selanjutnya
86 Anak Pasien Gizi Buruk dan Campak di Asmat Masih Dirawat