Sukses

Sedekah Rp 622 Juta Terkumpul dalam 5 Menit di Hari Patriotik

Sedekah yang dikumpulkan 5.000 ASN Bone Bolango itu raih rekor MURI.

Liputan6.com, Gorontalo - Hari Patriotik Provinsi Gorontalo yang jatuh pada 23 Januari dimanfaatkan Kabupaten Bone Bolango untuk mencetak rekor sedekah tercepat di Indonesia. Pada hari yang diperingati sebagai saat kemerdekaan Gorontalo itu, sedekah berjumlah Rp 622 juta bisa terkumpul dalam lima menit.

Jumlah tersebut melebihi target yang ditetapkan Aparatur Sipil Negara Bone Bolango, yakni Rp 500 juta. Sebanyak 5.000 ASN dari 69 Satuan Kerja Perangkat Daerah Bone Bolango terlibat dalam kegiatan pengumpulan sedekah tersebut.

Atas pencapaian itu, Museum Rekor Indonesia (MURI) menyatakan gerakan itu sebagai gerakan infak dan sedekah ASN terbanyak di Indonesia. Bupati Bone Bolango pun mendapatkan piagam MURI dengan Nomor 8311/R.R.MURI/I/2018.

Kegiatan pengumpulan infak dan sedekah itu disaksikan langsung oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dan secara simbolis seluruh hasil pengumpulan diserahkan kepada BAZNAS di Kabupaten Bone Bolango.

Andre Purwandono, perwakilan MURI menegaskan, itu merupakan kegiatan pemecahan rekor yang belum pernah dilakukan oleh siapa pun dan di mana pun. Andre berharap kegiatan seperti itu akan diikuti juga daerah lain.

"Kita bisa membangun bersama-sama dengan kegiatan infak ini," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jihad Melawan Kemiskinan

Bupati Bone Bolango, Hamim Pou yang didampingi Wakil Bupati Mohamad Kilat Wartabone berharap gerakan pengumpulan infak dan sedekah dapat menjadi syiar kebaikan.

"Viralkan kegiatan ini agar menjadi inspirasi untuk daerah-daerah lainnya," kata Bupati.

Ia mengatakan, Januari menjadi bulan beramal untuk seluruh masyarakat Bone Bolango. Sebelumnya pada 11 Januari 2018, Kabupaten Bone Bolango menyelenggarakan hari peringatan anak yatim. Ada ratusan anak yatim yang mengikuti sunatan masal dan pembaiatan.

Ia juga berharap gerakan 5.000 ASN bersedekah bisa mendatangkan berkah bagi Bone Bolango. Jika gerakan tersebut dirutinkan setiap empat bulan sekali, ia optimistis sedekah yang terkumpul bisa menembus Rp 1,5 miliar setahun.

"Mari kita berjihad memerangi kemiskinan melalui zakat, infak, dan sedekah," ucap Bupati.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.