Sukses

Temuan Bayi Berari-ari di Bak Sampah yang Terkunci

Bayi tampan itu tak menangis meski diletakkan di bak sampah yang terkunci.

Liputan6.com, Cirebon - Warga Cirebon digegerkan dengan temuan bayi pada Senin (22/1/2018) pagi tadi. Bayi berjenis kelamin laki-laki tersebut ditemukan di tempat sampah warga yang ada di depan rumah Jalan Nuri VII, Kelurahan Larangan, Kecamatan Harjamukti, Perumnas Kota Cirebon.

Ketua RT 1 Nuri VII, Nana Rukana, menyampaikan, bayi tersebut pertama kali ditemukan oleh warga yang sedang menyapu halaman rumahnya.

"Pas keluar ke depan rumah warga saya, kebetulan sudah nenek-nenek melihat tempat sampah dalam keadaan terkunci gembok. Curiganya dari situ," kata dia.

Menjawab rasa penasaran akan isi dalam tempat sampah, warga tersebut membuka paksa gembok yang mengunci bak sampah di depan rumahnya. Penasaran pun terjawab, sang nenek pun langsung kaget melihat bayi tampan di dalam bak sampah.

Sang nenek, kata dia, langsung teriak histeris meminta pertolongan warga yang lain. Para tetangga datang menghampiri nenek itu, warga pun langsung membawa bayi tersebut ke Puskesmas Perumnas Utara Kota Cirebon.

"Saya sendiri kebetulan sudah berangkat kerja kemudian ditelepon warga lain mengenai kronologis penemuan bayi," ujar dia.

Bayi tersebut langsung diberi pertolongan pertama oleh petugas puskesmas terdekat. Kini, sang bayi asyik tertidur pulas ditemani petugas puskemas.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sempat Kedinginan

Para petugas medis sempat kaget melihat kerumunan warga yang panik mendatangi puskesmas. Petugas langsung membawa bayi tersebut untuk segera ditangani.

Dari hasi penanganan, bayi laki-laki tersebut diduga baru lahir. Usianya diperkirakan sekitar tiga jam setelah dibawa ke puskesmas.

"Datang ke puskesmas jam 07.15 WIB, pas kami lagi apel. Dan, alhamdulillah kondisinya sehat," kata Kepala Puskesmas Perumnas Utara dr Eko Dewantoro.

Dia mengatakan, saat dibawa kondisi bayi dalam keadaan kotor. Tali pusar sang bayi diketahui masih menempel di tubuhnya.

Petugas pun langsung membersihkan bayi hingga memotong tali pusar tersebut. Petugas juga mengganti baju serta popok yang menempel pada bayi itu.

"Sempat kedinginan bayinya tapi sudah langsung kami beri kehangatan dan sudah baikan," ujar dia.

Bayi tersebut, kata dia, akan dibawa ke kantor polisi untuk kepentingan pemeriksaan. Dari informasi yang di dapat, polisi sedang menyelidiki seseorang yang diduga terkait dengan sang bayi.

Kanit Reskrim Polsek Seltim Polresta Cirebon Iptu Abdul Madjid mengaku masih menyelidiki orangtua bayi tersebut. Dia mengatakan, dalam penyelidikan tersebut, petugas memeriksa saksi serta sosok laki-laki yang diduga terkait dengan bayi tampan itu.

"Nunggu selesai penyelidikan saja ya soalnya masih lidik dan kami masih belum bisa publis dulu," kata dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.