Sukses

Mitos Asap Putih Makam Keramat Jadi Isyarat Gunung di Ternate

Berwisata religi dengan berziarah ke makam-makam tua yang ada di Kota Ternate, Maluku Utara.

Liputan6.com, Ternate - Ternate, tidak hanya memiliki destinasi wisata alam yang mumpuni, tetapi juga menyimpan potensi wisata spiritual. Salah satunya makam Kulaba, yang biasa disebut jere atau makam keramat di Kecamatan Ternate Barat.

Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman mengatakan potensi wisata spiritual di provinsi Maluku Utara layak dipromosikan untuk menjadi daerah tujuan wisawatan. Pasalnya, di pulau kecil berbentuk bulat kerucut itu banyak lokasi wisata menarik serta memiliki nilai sejarah, seperti sejarah perkembangan Islam di Indonesia. 

"Apalagi potensi-potensi tersebut ada kaitannya dengan Kesultanan Ternate dan syiar Islam di Bumi Moloku Kieraha (sebutan lain Maluku Utara)," kata dia saat peringatan Hari Jadi Ternate di Masjid Nurul Babullah Kulaba, Kecamatan Ternate Barat, Kota Ternate, Maluku Utara, Minggu, 14 Januari 2018.

Makam suci atau makam keramat yang berada di kota yang berjuluk Bahari Berkesan itu rata-rata sudah berumur ratusan tahun. Makam-makam itu lekat dengan mitos yang dipercaya masyarakat setempat sebagai makamnya para raja, imam-imam masjid Kesultanan Ternate, dan para penyebar agama Islam zaman dulu.

Bahkan, warga Kulaba percaya, jika mau mengetahui aktivitas Gunung Gamalama Ternate, bisa datang langsung ke makam keramat kelurahan setempat. Dalam kondisi tertntu ada isyarat keuarnya asap dari salah satu makam yang populer disebut Jere Gunung.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wisata Ziarah di Makam Keramat

Keberadaan jere tersebut sering dikunjungi warga Ternate. Biasanya, pengunjung datang pada Kamis sore dan menjelang bulan suci Ramadan. Tidak hanya warga muslim, tetapi juga warga Tionghoa datang untuk berziarah.

Burhan Abdurahman mengatakan lokasi Jere Kulaba akan dijadikan cagar budaya, sehingga akan dikemas dengan baik untuk mendatangkan wisatawan.

Dia meminta, acara ritual yang merupakan bagian dari adat istiadat masyarakat Kulaba yang harus dipelihara dan dipertahankan, sehingga bisa dikembangkan menjadi wisata spiritual bagi seluruh masyarakat di kota itu.

"Industri pariwisata ini terus berkembang, tidak hanya wisata alam, kuliner dan wisata religi, namun wisata spiritual juga memiliki daya tarik tersendiri," ujar Burhan.

Menurut dia, wisata spiritual dengan berziarah ke makam para wali itu, merupakan bagian penting bagi wisatawan yang ingin mengetahui sejarah yang berkaitan dengan keagamaan.

"Jere Kulaba yang ada ini bisa dijadikan sebagai salah satu objek wisata spiritual di kota Ternate, dan ini akan menjadi perhatian kita (pemkot) dengan membangun infrastruktur jalan untuk memudahkan peziarah datang ke sini," kata Burhan.

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.