Sukses

Drama Pelajar Kendari Mau Terjun dari Menara 42 Meter

Terlambat sedetik, nyawa pemuda tanggung asal Kendari itu pun tak terselamatkan karena tinggal melompat.

Liputan6.com, Kendari - Seorang pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Kendari, nekat hendak menghabisi hidupnya dari atas salah satu menara telekomunikasi, Kamis (11/1/2018) sekitar pukul 16.30 Wita.

Anjas Tombili (17) memanjat tiang menara hingga ke puncak setinggi 42 meter di Jalan Rambutan, Kelurahan Wawowanggu, Kecamatan Kadia Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

Alasan nekat Anjas hendak terjun bebas dari puncak menara karena masalah pribadi dengan ayah tirinya, Muhammad Amin.

Menurut ibu kandung Anjas, Marlina Umar, Anjas dan ayah tirinya sempat bertengkar pada Rabu, 10 Januari 2018 malam, di rumah mereka di Lorong Asera, Jalan PLN, Kecamatan Kadia, Kota Kendari.

Menurut Marlina, pertengkaran itu terjadi karena ayah tirinya tidak menyukai pekerjaan sampingan Anjas sebagai salah satu sopir di tempat hiburan malam Kota Kendari. Alasannya, tempat itu belum cocok bagi Anjas yang masih berstatus pelajar SMA.

"Dia sempat dipukul ayahnya karena dilarang kerja, mungkin dia tidak terima dipukul," ujar Marlina.

Beruntung, aksi Anjas digagalkan tim Search and Rescue (SAR) Kendari. Anjas yang sudah berada di puncak menara berhasil dibujuk salah seorang anggota SAR.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tim SAR Nyaris Terlambat Selamatkan Nyawa Anjas

Tim SAR Kendari nyaris tidak dapat melakukan penyelamatan dengan sempurna. Pasalnya, pelajar SMK 5 Nusantara Kendari itu, sudah bersiap-siap melompat.

"Matanya sudah dililit kain, tinggal melompat dan selesai sudah. Beruntung, kami berhasil panggil dan bujuk dia," ujar Dedi, anggota SAR yang menyelamatkan Anjas.

Dedi mengatakan setelah berhasil mendekati Anjas, pemuda tanggung itu sempat menangis di puncak menara dan minta didatangkan ayahnya. Namun, pihak SAR tidak peduli, kemudian langsung merangkul dan mengamankan Anjas dengan cepat.

"Saya langsung ikat dia dengan tali pengaman, soalnya ngeri suasananya di atas. Besi tower sudah rapuh dan salah sedikit habis lah kita," ujar Dedi.

Selain Dedi, tiga orang anggota SAR lainnya sudah menunggu di bawah menara. Ketiganya yakni, Asep Poage, Heri Kuswanto, dan Haeruddin. Upaya keempat anggota SAR Kendari ini untuk menyelamatkan Anjas sempat mengalami kendala.

Untuk memanjat menara, dibutuhkan waktu sekitar satu jam karena kondisi besi menara yang sudah licin dan rapuh. Apalagi, ketika membawa Anjas turun dari puncak menara.

3 dari 3 halaman

Menara Dalam Kondisi Terkunci

Selama bertahun-tahun menangani sejumlah musibah bencana alam dan penyelamatan warga di Sulawesi Tenggara, tim SAR Kendari yang hanya beranggotakan delapan orang itu, baru pertama kali menyelamatkan warga yang akan bunuh diri dari atas menara. Selama ini, kegiatan penyelamatan banyak dilakukan di hutan atau laut.

"Ini baru pertama kali tim ini selamatkan warga di tiang tower, mereka semua baru untuk pekerjaan ini," ujar Kasi Ops SAR Kendari, Jendri Paendong.

Jendri mengatakan SAR Kendari hanya berusaha dengan sigap dan cepat merespon semua laporan warga. Meskipun anggotanya sudah memiliki kemampuan mengevakuasi di ketinggian, tetapi Jendri masih terlihat cemas ketika anggotanya berjuang menyelamatkan nyawa manusia, apalagi dari ketinggian.

"Kita hanya imbau, lain kali pengawasan tempat penting seperti menara ini diperketat. Harus dikunci rapat supaya tidak ada yang bisa masuk dan memanjat-manjat di dalamnya," ujar Jendri Paendong.

Khaerul, warga yang dipercaya menjaga menara telekomunikasi itu mengatakan, menara dalam keadaan terkunci saat dirinya dihubungi SAR Kendari. Dirinya juga bingung mengapa pelaku masuk ke lokasi menara yang dipagar setinggi dua meter dan dilingkari kawat berduri.

"Orang ramai datang minta buka pagar karena ada mau bunuh diri, saya bawakan kunci pagar tower. Saya heran, dia lewat dari mana untuk masuk ke dalam," dia menandaskan.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.