Sukses

Siap-Siap Ucapkan Selamat Tinggal pada Kekeringan di Wonogiri

Embung rusak di Wonogiri hanya diperbaiki, dan meskipun sudah selesai, namun musim hujan kali ini belum difungsikan.

Liputan6.com, Wonogiri - Kekeringan di Desa Gudangharjo di Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, diharapkan akan menjadi sebuah cerita lama. Dua embung yang lama tak berfungsi karena rusak, kini sudah diperbaiki.

Wakil Ketua Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Tengah, Hadi Santoso bercerita bahwa fungsi dua embung itu, yakni embung Gudangharjo dan embung Pego akan difungsikan sebagai tandon cadangan air bersih. Sebab, jika musim kemarau, tak ada sumber air yang bisa digunakan.

"Saat kemarau, masyarakat akan berbondong-bondong ke embung. Desa ini selalu terkena bencana kekeringan," ucap Hadi Santoso, Jumat (12/1/2018).

Perbaikan dua penampung cadangan air bersih ini dibiayai dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Jateng 2017 hingga Rp 5,276 miliar. Namun, hingga selesainya pembangunan, infrastruktur untuk membantu masyarakat yang akan mengambil air belum maksimal.

"Pemerintah harus menyediakan akses terbaik untuk masyarakat, karena mereka mengambil air dengan menimba saja. Bertahun-tahun mereka sudah hidup dengan kekeringan. Kasihan jika harus berdesak-desakan lagi," kata Hadi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Konstruksi Tanpa Geomembran

Infrastruktur itu menjadi sangat penting karena dua embung itu akan melayani ratusan masyarakat yang mengambil air. Dengan kondisi yang ada sekarang, tentu akan warga akan berdesakan.

"Embung ini biasanya akan ramai seperti pasar. Warga mengantre mengambil air. Jadi ruang aksesnya harus diperluas," kata Hadi.

Desa Gudangharjo adalah sebuah desa yang tidak memiliki sumber air. Warga masyarakat mengandalkan pola tadah hujan untuk memenuhi kebutuhan air mereka.

Nah, dua embung yang dibangun itu, diharapkan bisa membantu.

Anggaran sebesar Rp 5,276 miliar itu dibagi untuk perbaikan dua embung. Masing-masing embung Gudangharjo Rp 3,737 miliar. Sedangkan embung Pego Rp 1,538 miliar.

 

 

 

3 dari 3 halaman

Musim Hujan, Embung Belum Dipakai

Menurut Hadi,  dengan anggaran lebih dari Rp 5 miliar, konstruksi tidak berubah dengan yang lama, namun hanya diperbaiki saja.

Bentuk embung juga berbeda dan dasaran embung Gudangharjo yang tidak menggunakan geomembran.

"Karena baru selesai akhir tahun 2017, dan masih musim hujan, embung belum dipakai.

Baru pada musim kemarau depan kita akan lihat bagaimana optimalisasi dua embung di Gudangharjo untuk membantu masyarakat," kata Hadi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.