Sukses

Bantu Jaga Malam Natal, Remaja Masjid Dipuji Pemuda Katolik

Polri dan TNI yang dibantu sejumlah remaja masjid begitu peduli dalam mengamankan perayaan malam Natal di Kapuas Hulu, Kalbar.

Liputan6.com, Kapuas Hulu - Ketua Pemuda Katolik Komisariat Cabang Kapuas Hulu, Antonius Thambun, mengapresiasi positif dukungan pemuda atau remaja masjid yang ikut langsung dalam pengamanan gereja pada perayaan Natal di wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

"Kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada pemuda atau remaja masjid serta kepada semua pihak baik TNI maupun Polri, yang begitu peduli dalam mengamankan perayaan Natal di Kapuas Hulu," ucap Antonius Thambun, Minggu (24/12/2017) malam, dilansir Antara.

Menurut Thambun, keharmonisan dan rasa kekeluargaan serta rasa toleransi yang tinggi itu merupakan ciri khas Kapuas Hulu, yang selama ini aman dan kondusif.

Apalagi, warga Kapuas Hulu ini masih serumpun. Meskipun berbeda keyakinan atau agama, ikatan keluarga tidak pernah terputus. "Kapuas Hulu mengedepankan rasa kekeluargaan, jadi jangan heran jika hingga saat ini Kapuas Hulu tetap harmonis," kata Thambun.

Bahkan, lanjut dia, saat kaum muslim merayakan Lebaran, pemeluk Nasrani juga saling berkunjung ke rumah-rumah kerabat dan sanak keluarga yang merayakannya. Begitu juga ketika umat Kristiani merayakan Natal.

Ia berharap pula, rasa kekeluargaan serta keharmonisan di Kapuas Hulu tetap terjaga. Termasuk jangan terpengaruh provokasi dan kepentingan dari luar. "Apa pun yang terjadi persatuan dan kesatuan harus tetap kita jaga dengan menjunjung tinggi toleransi di tengah perbedaan," pinta Thambun.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Polisi Sterilisasi Gereja di Medan

Sementara itu, kepolisian mengerahkan personel Satuan Brimob untuk melakukan sterilisasi di sejumlah gereja di Kota Medan, Sumatera Utara, menjelang malam perayaan Natal 2017.

Sterilisasi tersebut dilakukan untuk mengetahui kemungkinan adanya benda berbahaya dan memastikan keamanan gereja yang menjadi lokasi kebaktian umat Kristiani. Salah satu gereja yang mengalami proses sterilisasi adalah Gereja Katedral di Jalan Pemuda, Kota Medan, yang merupakan gereja Katolik.

Dengan menggunakan sejumlah peralatan, tim penjinak bahan peledak Satuan Brimob Polda Sumut menyisir setiap sudut gereja tersebut.

Wakapolrestabes Medan, AKBP Tatan Dirsan Atmaja, yang menyaksikan penyisiran itu mengatakan, personel Satuan Brimob tersebut melakukan pemeriksaan dengan menggunakan detektor logam, mirror set, dan senter.

"Ini untuk memastikan daerah steril dari pelaku kejahatan dan benda mencurigakan," kata dia, dilansir Antara.

Menurut Tatan, setidaknya ada 31 gereja di Kota Medan yang mendapatkan prioritas pengamanan pada perayaan Natal tersebut, terutama pada malam Natal. Pihak kepolisian akan melakukan sterilisasi di lokasi tersebut. "Sejak kemarin kita sudah melakukan pemetaan dan penjagaan," ujar Tatan.

Untuk pengamanan Natal, Polrestabes Medan telah mengerahkan lebih dari 500 personel yang ditempatkan di berbagai lokasi, terutama di sekitar gereja. "Kami berharap masyarakat Kota Medan yang merayakan Natal bisa melaksanakannya kegiatan dengan hati senang, damai," kata mantan Kapolres Asahan itu.

3 dari 3 halaman

Ribuan Anggota Jemaat Padati Gereja Siloam Jayapura

Adapun di Kota Jayapura, Papua, umat Kristiani memadati Gereja GKI Siloam Waena, Abepura, untuk mengikuti ibadah Natal malam Kudus 24 Desember 2017.

Pantauan Antara, Minggu (24/12/2017) malam, di Gereja GKI Siloam Waena, disesaki ribuan anggota jemaat yang datang untuk beribadah, hingga memadati halaman gereja.

Meski pengelola gereja telah menyediakan tenda dan kursi tambahan di samping dan di depan gereja, ternyata tidak mampu menampung umat yang datang untuk mengikuti ibadah.

Sebagian umat rela mengikuti jalannya ibadah dengan khidmat dan lancar walaupun harus berdiri berjam-jam selama prosesi ibadah berlangsung.

Sementara di dalam ruangan hingga bagian depan dan samping gereja dipasangi layar lebar guna mempermudah umat yang berada di luar gedung dapat mengikuti jalannya ibadah dengan baik.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.