Sukses

Menyibak Pagi dan Mitos Pulo Kodok Tegal

Mitos yang beredar di tengah masyarakat menyebabkan setiap pagi dan sore banyak orang berendam di Pulo Kodok, Tegal.

Liputan6.com, Tegal - Di Tegal ada sejumlah lokasi wisata bahari yang dapat dikunjungi warga. Selain ada penangkaran tambak udang vannamei di Kelurahan Panggung, pengunjung juga dapat mandi dan memancing di pantai Pulo Kodok.

Tak hanya bisa bermain air, konon, air di pantai tersebut dapat menyembuhkan berbagai penyakit, seperti strok dan asam urat. 

Adapun keramaian di Pantai Pulo Kodok, Tegal itu juga tak lepas dari berbagai mitos tersebut. ''Dulu sekitar tahun 2014, ada orang sakit strok. Kemudian, orang tersebut diminta untuk berendam dan mandi di Pantai Pulo Kodok,'' ucap Abdul (40), salah seorang warga.

Banyak yang mengatakan usai mandi dan berendam secara rutin di Pantai Pulo Kodok, Tegal, maka orang tersebut bakal sembuh dari strok. Informasi tersebut pun membuat warga gempar.

''Ya jadi sampai saat ini, setiap pagi hingga sore, banyak orang mandi dengan harapan menghilangkan penyakit yang dideritanya,'' kata dia.

Selain hari biasa, tiap Minggu pagi dan sore, pantai Pulau Kodok dipadati ratusan pengunjung wisata alam terbuka ini. ''Selain mitos itu, memang udara di sini masih fresh karena lingkungan juga masih bersih,'' Abdul menandaskan.

 

Simak video pilihan berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengembangan Pulo Kodok

Lurah Panggung Heru Sukoco tak membantah jika wilayahnya bagian paling utara memiliki daya tarik untuk wisatawan.

''Ya, adanya mitos di Pulau Kodok, di antaranya bisa menyembuhkan penyakit strok, kolesterol tinggi, dan hipertensi memang membuat pantai Pulau Kodok itu menjadi ramai,'' kata Heru Sukoco.

Rencananya, pantai yang ada di Pulau Kodok, pada 2019, dikembangkan program Water Front City atau Wisata Kota Air.

''Jadi, nantinya di lokasi tersebut akan dibangun wahana air, flying fox, serta adanya edukasi budi daya ikan serta penghijauan, dan cemara laut,'' katanya.

Untuk itu, nanti di sepanjang jalan menuju Pulo Kodok akan ada pengembangan jalan. ''Termasuk nantinya, akan ada wisata menuju ke Pulau Karang Jeruk. Karenanya, nanti akan disediakan perahu untuk bisa menuju ke Pulau yang ada di tengah laut. Yakni dengan perjalanan sekitar 50 menit ke Karang Jeruk,'' dia menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.