Sukses

Ridwan Kamil Klaim Makin Banyak Orang Buang Duit di Bandung

Ridwan Kamil menyatakan terjadi pertumbuhan jumlah wisatawan seiring pembangunan fasilitas baru di Bandung.

Liputan6.com, Bandung - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, jumlah wisatawan yang datang ke kota Bandung terus meningkat. Hal ini disebabkan banyaknya pembangunan fasilitas baru.

Menurut Ridwan Kamil, fasilitas baru yang dibangun ini mampu menjadi daya tarik bagi orang di luar Bandung untuk mengunjungi kota kembang tersebut. Tentu hal ini secara langsung mendongkrak meningkatnya jumlah turis ke kota Bandung.

"Turis kan naik hampir 1 juta sejak kota Bandung diperbaiki. Datanglah ke Bandung, bergembira, dan banyak buang duit di Kota Bandung," kata Ridwan di Bandung, Jumat (22/12/2017).

Pria yang akrab disapa Emil ini menerangkan, wisatawan di Kota Bandung memiliki dua pilihan berwisata, non-berbayar dan berbayar. Untuk non-berbayar, bisa dilakukan dengan jalan-jalan santai di pusat Kota Bandung.

Pengunjung merasa nyaman dengan hadirnya fasilitas trotoar lebar, kursi, taman, dan kolam. Adapun yang berbayar biasanya berada di sekitar Bandung Raya.

Ridwan Kamil menambahkan, saat ini pertumbuhan ekonomi di Kota Bandung sudah stabil. Berdasarkan data, pertumbuhan ekonomi Kota Bandung mendekati 8 persen.

"Ini yang paling cepat karena orang banyak belanja. Biasanya ada pos liburan, di luar pos akomodasi, transportasi," ujarnya.

Simak video pilihan berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jelang Libur Panjang Akhir Tahun

Untuk mempertahankan prestasi itu, Emil berharap para wisatawan terus berkunjung dan berbelanja di Bandung.

"Target 2017 ini total 7 juta wisatawan sampai akhir tahun. Tapi tahun ini ada peningkatan dari 6 juta jadi 6,9 juta wisatawan," jelasnya.

Sementara itu, menyambut kedatangan wisatawan saat Libur Natal dan tahun baru, Ridwan Kamil menyatakan kesiapannya dan warga Bandung untuk memberikan kenyamanan serta keamanan saat menghabiskan waktu di Bandung.

Dia mengaku telah berkoordinasi dengan polisi, dinas-dinas, pengelola tempat wisata, dan hotel.

"Sebanyak 2.200 personel sudah disiagakan untuk menjaga ketertiban kelancaran dan kemanan, mulai tanggal 23 sampai tanggal 1 Januari," dia menambahkan.

Ridwan Kamil pun meminta wisatawan menjaga ketertiban dan kebersihan selama berlibur di Bandung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.