Sukses

Kisah Mahasiswa ITB Terpaksa Putus Kuliah demi Hidupi 9 Adiknya

Polewali Mandar - Pemuda asal Dusun Tojang, Desa Pasiang, Kecamatan Matakali, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, rela meninggalkan kuliahnya di Institut Teknologi Bandung (ITB) demi menghidupi sembilan adiknya.

Muhammad Izhak (22) dan semua adiknya, kini yatim piatu. Kisah hidup mantan mahasiswa ITB ini mendadak viral di media sosial sejak Andi Syura Muhlis mengunggah foto dan video Izhak pada Rabu, 13 Desember 2017.

JawaPos.com menulis, meskipun meraih beasiswa bidikmisi di ITB, Izhak terpaksa memutuskan berhenti kuliah. Saat itu, dia harus pulang ke Polman. Dia mendapat kabar bahwa ibunya, Samiah, terbaring sakit. Akhirnya, dia pun memutuskan pulang untuk merawat orangtuanya.

Namun, Tuhan menakdirkan lain. Ibundanya meninggal pada 13 Februari 2017 karena penyakit tumor yang dideritanya. Tidak sampai di situ, Ilyas, ayah Izhak, berpulang pada 22 November 2017.

Kini, setelah ditinggal kedua orangtuanya, sebagai anak sulung Izhak-lah yang menjadi tulang punggung keluarga. 

Baca berita menarik lainnya dari JawaPos.com di sini.

Simak video pilihan berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masih Berharap Meraih Mimpinya

Sepeninggal ayahnya, tak ada lagi yang menafkahi 10 anak ini. Adik bungsu Izhak, Muhammad Khaerul, baru berusia 19 bulan. Untuk itu, Izhak harus mengambil alih tugas merawat adik-adiknya itu, termasuk memikirkan pembiayaan sekolah tujuh adiknya.

Beruntung, ada adik keduanya, Aslan (19). Dia membantu pekerjaan sehari-hari menyadap enau untuk membuat gula merah menjadi tumpuan hidupnya.

Izhak mengatakan, kisahnya boleh ditulis oleh JawaPos.com. Saat dimintai konfirmasi, dia membetulkan penulisan namanya, Muh Izhak, bu­kan Ishak.

"Boleh saja. Tapi, jangan ditambah-tambah bahwa saya tidak terima bantuan pemerintah. Soalnya saya tetap terima bantuan dari pemerintah. Ada program keluarga harapan (PHK). Adik-adik saya sekolah juga terima dari program pe­merintah Kartu Indonesia Pintar (KIP)," ujarnya.

Izhak menambahkan, dirinya memang menerima beasiswa bidik misi pada 2013. Dia mengambil studi di Teknik Kimia ITB, tetapi kandas di tengah jalan karena tanggung jawab. "Saya mundur hampir dua tahun lalu, pada 2016," dia menjelaskan.

Alumnus SMAN 3 Polewali itu menuturkan, sehari-hari dirinya mengandalkan penghasilan dari menyadap enau bersama adik keduanya, Aslan.

"Aslan putus sekolah semenjak kelas IV SD. Sekarang usianya 18-19 tahun. Penghasilan dari gula merah itu cukup," paparnya.

Untuk adiknya yang lain, semua masih sekolah. Dia juga masih memikirkan mencari pekerjaan tambahan. Dia masih punya beban membiayai tujuh adik-adiknya.

"Ada yang kuliah satu orang di STAIN Parepare. Lainnya ada yang duduk di TK, SD, MTs," ungkap pria kelahiran 1995 itu.

Izhak juga berharap kelak bisa kembali melanjutkan kuliah. Hanya, setelah ada yang menjaga adik bungsunya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.