Sukses

Ada Mobil Antigalau di Bintan Kepulauan Riau, Mau Curhat?

Liputan6.com, Bintan - Tidak hanya Bandung yang memiliki mobil untuk menampung curhatan warga, ternyata Pemerintah Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau juga menyediakan mobil serupa yang disebut mobil antigalau. Di dalam mobil ini, terdapat petugas yang siap mendengarkan curahan hati warga.

Sejak beroperasi, petugas mobil antigalau berhasil menangani 14 permasalahan sosial yang dihadapi warga. Petugas pendamping psikososial di mobil antigalau, Jamil, mengatakan Dinas Sosial Bintan menugaskan tiga petugas psikososial yang setiap hari mengunjungi kelurahan secara bergantian.

"Pengoperasian mobil tersebut untuk memenuhi kebutuhan sosial masyarakat yang semakin cepat. Kami mengharapkan warga memanfaatkannya," ujar Jamil, seperti dilansir Antara, Jumat (15/12/2017).

Jamil menjelaskan berbagai kegiatan sosial dilakukan, seperti memberi pendampingan konsultasi keluarga langsung di lapangan. "Kami juga menyebarkan brosur pengurusan akte lahir, bahkan juga pernah menangani kasus kekerasan anak," ujarnya.

Jamil mengatakan mobil antigalau Kabupaten Bintan ini dilengkapi dengan perlengkapan yang dibutuhkan petugas. Warga dapat melakukan konsultasi terkait permasalahan keluarga.

 

Simak video pilihan berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mobil Antigalau untuk Tampung Curhatan Kids Zaman Now

Mobil antigalau ini menghampiri setiap kelurahan di Bintan minimal 10 kali dalam sebulan. Petugas juga mengunjungi sekolah-sekolah untuk menyosialisasikan bahaya narkoba. Kegiatan itu bertujuan mencegah para pelajar terlibat dalam penggunaan maupun menjualan narkoba.

"Terkadang kami juga turun ke sekolah-sekolah. Kami berdiskusi sekaligus mengingatkan para pelajar bahwa narkoba itu berbahaya, dan mematikan. Permasalahan yang menyebabkan galau tidak dapat diselesaikan dengan mengonsumsi narkoba," ucapnya.

Bupati Bintan Apri Sujadi mengapresiasi petugas pendamping psikososial saat dirinya melihat para petugas melaksanakan tugas di Desa Berakit. Mobil antigalau ini bisa menjadi salah satu solusi mengantisipasi kenakalan remaja baik yang berhubungan dengan narkoba ataupun masalah lainnya yang sering tidak tersampaikan kepada orang tua.

Remaja bermasalah akan memerlukan bantuan konselor atau psikolog, yang mampu memberikan bimbingan dan motivasi ke arah yang positif.

"Terkadang mayoritas remaja enggan bercerita atau curhat tentang masalahnya ke keluarga dan lebih memilih membuka diri kepada teman sebaya yang mungkin bisa menjerumuskan remaja tersebut ke dalam kondisi yang lebih buruk lagi," tuturnya.

Mobil antigalau atau dikenal dengan Mobil Lembaga Konsultasi Kesehatan Keluarga berbentuk minibus yang telah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga memiliki "rumah" di belakangnya.

Pada mobil tersebut juga ditambahkan berbagai macam aksesoris seperti tulisan "Restorasi Sosial" dengan corak warna-warni sehingga terkesan akrab dengan kaum muda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.