Sukses

Hore, Xpress Air Buka Rute Penerbangan Jambi-Bandung

Rute baru ini bakal menjadi yang pertama melayani penerbangan dari Jambi menuju Bandung atau sebaliknya.

Liputan6.com, Jambi - Jalur penerbangan pesawat dari dan menuju Jambi bakal semakin ramai. Salah satu maskapai penerbangan nasional, Xpress Air, tengah bersiap membuka rute penerbangan baru Jambi-Bandung, Jawa Barat.

Menurut Station Supervisor Xpress Air perwakilan Jambi, Yuarno Arbi, pembukaan rute baru tersebut sebagai upaya mendukung sektor pariwisata di Provinsi Jambi.

"Progres pembukaan rute penerbangan baru tersebut masih dalam proses perizinan," ujar Arbi di Jambi, Kamis, 14 Desember 2017.

Dalam melayani rute penerbangan Jambi-Bandung itu, Xpress Air menggunakan pesawat jenis Boeing 737/500 dengan kapasitas 123 tempat duduk. Adapun jarak waktu tempuh yang diperlukan sekitar 1 jam 30 menit.

Namun demikian, Arbi belum bisa memberikan tanggal pasti kapan rute baru tersebut dibuka. Rencananya, ada empat kali penerbangan dalam sepekan, yakni Senin, Rabu, Jumat, dan Minggu.

"Izin dikeluarkan, rute langsung dibuka. Persiapan rute baru ini juga sudah dikoordinasikan dengan pihak Bandara Sultan Thaha, Jambi," ucap Arbi.

Menurut Arbi, rute baru tersebut akan mendukung upaya Pemerintah Provinsi Jambi yang tengah gencar meningkatkan sektor pariwisata di daerah itu. Sebab, kata dia, rute baru tersebut sangat potensial, karena ada 30 persen penumpang dari Jambi dengan tujuan Bandung.

Selain itu, rute penerbangan baru dari Jambi menuju Bandung atau sebaliknya, merupakan cara menggeser pasar untuk mengurangi kesibukan penerbangan di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang.

"Jadi penumpang tidak harus transit dulu di Jakarta sehingga waktu tempuh menuju Bandung juga semakin cepat," kata Arbi.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kembangkan Sayap ke Barat

Dikutip dari laman www.xpressair.co.id, maskapai ini didirikan pada 2003. Mereka meluncurkan penerbangan komersial perdananya pada 23 Juni 2003 dengan rute Jakarta-Jayapura. Semula bernama Express Air, pada 2012 maskapai ini mengubah namanya menjadi Xpress Air.

Di masa-masa awal beroperasi, Xpress Air hanya menggunakan dua armada pesawat Boeing 737-200, dan terbang ke kota-kota destinasi di timur Indonesia, seperti Makassar, Sorong, Ternate, Jayapura, dan Manokwari. Kini, armada Xpress Air diperkuat dengan Boeing 737-200, Boeing 737-300, Boeing 737-500, Dornier 328-100 dan Dornier 328-300.

Sejak awal berdiri, Xpress Air sudah memercayakan perawatan armada pesawatnya kepada PT Aero Nusantara Indonesia (ANI), yang juga merupakan salah satu pemegang saham dari Xpress Air. Saat ini, Xpress Air masuk dalam kategori dua dalam hal kualitas keamanan penerbangan oleh Otoritas Penerbangan Sipil Indonesia.

Pada September 2013, Xpress Air meluncurkan penerbangan rute internasional, yaitu Pontianak-Kuching-Pontianak. Penerbangan ini juga tersedia dari Bandung dengan transit terlebih dahulu di Pontianak.

Saat ini, Xpress Air sedang gencar mengembangkan sayap ke bagian barat Indonesia, dengan membuka rute-rute ke pulau Sumatera, seperti Bandung-Padang serta Bandung-Palembang, dan nanti yang terbaru adalah rute Jambi-Bandung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.