Sukses

Pagi yang Indah Bersama Domba Garut

Liputan6.com, Garut - Berbicara kabupaten Garut, Jawa Barat, tentu sulit untuk melepaskan identitas hewan yang satu ini, domba Garut. Daya tarik hewan herbivora yang satu ini memang cukup kuat, yaitu sebagai ikon kabupaten Garut.

Nah, bagi Anda yang ingin berwisata ke Kota Dodol, Garut, dalam waktu dekat, ada satu lagi tempat wisata khas Kabupaten Garut yang perlu Anda kunjungi.

Wisdom atau wisata domba namanya. Area seluas tiga hektare ini menyajikan udara segar khas pegunungan, permainan anak-anak yang menghibur, hingga edukasi soal ternak domba Garut yang terkenal.

"Sejak awal memang di-setting sebagai wisata edukasi buat anak-anak dan wisata keluarga," ujar Sujana, 23 tahun, salah satu pengelola taman Wisdom, saat ditemui Liputan6.com, Selasa (12/12/2017).

Area wisata ini berada di kaki Gunung Putri, di Kampung Cimuncang, Desa Rancabango, Kecamatan Tarogong Kaler, Garut. Area sekitar lima hektare memang menawarkan pemandangan panorama alam yang asri serta pepohonan rindang nan hijau di sekitarnya.

"Paling banyak akhir pekan, rata-rata dari luar kota yang ingin berwisata," ujarnya.

Saat pertama kali menginjakkan kaki di wisdom, Anda langsung disuguhkan gerbang taman bunga yang indah, kemudian deretan gazebo mengitari halaman rumput yang hijau.

"Anda bisa makan bersama atau beristirahat di tiap gazebu yang kami sediakan," kata Sujana.

Ada beberapa area bermain yang bisa dinikmati pengunjung saat berada di sana, mulai permainan mandi bola dan kereta api mini buatan untuk anak-anak. "Tiketnya hanya Rp 5.000 sekali masuk," kata dia.Wisata Domba Garut. (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)Kemudian taman hijau Labirin, permainan ini sejenis area bermain kotak umpet untuk menguji konsentrasi pengunjung, kemudian area kandang kelinci, dermaga mini di atas danau buatan, hingga Apartemen Domba.

"Pengunjung bisa berselfie sambil bertanya seputar domba Garut," kata dia.

Wisata Domba Garut. (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Dengan daya tariknya, tak heran setiap hari selalu ada siswa didik khususnya anak usia dini mengunjungi area wisdom. "Saat pertama kali dibuka kami undang seluruh TK dan PAUD di Garut," kata dia.

 

Simak video pilihan berikut ini:

 

 

1 dari 2 halaman

Edukasi Domba Tangkas Garut

Selain menikmati pemandangan alam yang asri, area wisata domba juga menyediakan Apartemen Domba, bangunan ini sengaja dibangun untuk berbagi pengetahuan pola memelihara domba Garut yang siap tarung.

"Nanti ada peternak yang akan menjelaskan secara rinci pola pemeliharaannya seperti apa," paparnya.

Sejak pertama kali dibangun satu dekade lalu, Apartemen Domba, kata Sujana, selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. "Sekarang ada 15 jantan yang siap tarung, kalau total ada sekitar 30 ekor," kata dia.

Selain jantan yang diperuntukkan untuk adu ketangkasan di area tarung domba, apartemen domba juga diisi indukan betina yang dikhususkan untuk pengembangbiakkan anakan domba berkualitas.

"Jika dombanya ingin super makanya indukannya juga harus berkualitas," ungkapnya.

Sujana menambahkan, seiring berjalannya waktu, selain pengunjung lokal, beberapa wisatawan asing juga pernah menikmati panorama di kaki gunung yang terkenal akan tembakau berkualitas itu. "Ada turis dari Rusia dan Australia yang pernah singgah," ungkap dia.

Fani, salah satu pengunjung dari Garut kota mengatakan, wisata domba sangat cocok bagi wisata edukasi warga. "Tempatnya enak, bersih dan masih asri, cocok buat keluarga," ujarnya.

Siswi pelajar MTSN 1 Garut ini menambahkan, bagi anda yang berminat menikmati panorama alam itu. Silahkan berkemas menyiapkan perbekalan secukupnya untuk menikmati liburan keluarga. "Saya juga sudah dua kali datang ke sini, tempatnya enak buat liburan" Fani memungkasi.

Artikel Selanjutnya
Pagi yang Menggigil di Kaki Gunung Kerinci
Artikel Selanjutnya
Pagi Hari Bunga Mekar Warna-warni di Bukit Pelangi