Sukses

Fakir Miskin Boleh Makan Gratis di Restoran Banyuwangi Ini

Uniknya, restoran fakir miskin gratis itu hanya buka pada hari Jumat sekitar jam 12 siang atau setelah ibadah salat Jumat.

Banyuwangi - Di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, atau tepatnya di Jalan Ibrahimy Lingkungan Secang, Kelurahan Kalipuro, terdapat restoran yang khusus untuk melayani fakir miskin atau kaum duafa yang ada di wilayah sekitarnya.

Akses menuju lokasi itu, dari Kota Banyuwangi menuju ke utara atau lebih tepatnya lima kilometer dari pusat perkotaan. Mulai dari suasananya, tempatnya, hingga makanan yang dihidangkan kepada para pengunjung juga selevel dengan hotel bintang lima.

Yang menjadikan tempat ini berbeda dengan restoran lainnya, yakni bangunan seluas 7x12 meter yang cukup mewah ini berdiri jauh dari pusat keramaian kota. Letak restoran ini lebih dekat dengan perkebunan dan permukiman rumah warga.

Namun, Habib Isyam sang pemilik restoran, sempat istikharah untuk bisa mendapatkan tempat berjualan. Bahkan, ia pernah empat kali gagal dalam mencari tempat.

"Salah satunya di daerah Kalirejo dan di daerah Brak Kalipuro, sampai akhirnya dapat di sini," ucap Habib Isyam, pertengahan November lalu, dilansir TimesIndonesia.co.id.

Sejauh ini, restoran fakir miskin tersebut telah berjalan selama dua tahun. Hal itu dilakukannya murni untuk berjuang di jalan Tuhan Yang Maha Esa (fi sabilillah).

Baca berita menarik dari TimesIndonesia.co.id lain di sini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Buka Setiap Jumat

Sebagai pribadi muslim, Habib Isyam mengaku mempunyai kewajiban untuk berzakat dan bersedekah dari harta yang telah dimiliki.

"Apa yang saya lakukan dengan membuka restoran fakir miskin gratis ini adalah hak mereka untuk dapat merasakan nikmat dan karunia Allah," katanya.

Adapun salah seorang pengunjung asal Lingkungan Wangkal, Kelurahan Kalipuro, Sahnawi (57), mengaku sangat senang sejak ada restoran khusus untuk fakir dan miskin. Selain masakannya enak, pelayanan yang diberikan juga sangat istimewa. Bahkan, saat datang, ia langsung disambut oleh pemilik restoran bak tamu spesial.

"Rumah saya dari restoran ini jaraknya 1,5 kilometer, dan saya ke sini jalan kaki," ujar seorang pengunjung.

Saat ditanya, bagaimana dengan fasilitas yang disediakan di restoran milik Habib Isyam asal Irak yang berdomisili di Australia itu, dia menjawab sangat senang dan merasa terbantu.

"Setiap harinya saya makan nasi dengan lauk seadanya, saat di sini saya bisa makan seperti di restoran," tutur bapak tiga anak dan satu cucu itu.

Sekadar informasi, restoran fakir miskin gratis itu hanya buka pada hari Jumat sekitar jam 12 siang atau setelah ibadah salat Jumat.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.