Sukses

Tapak Tilas Bondan Winarno di Kedai Ketan Gurih Cirebon

Lanny, sang pembuat ketan gurih, bertekad akan mempertahankan dan melestarikan kuliner khas Cirebon tersebut.

Liputan6.com, Cirebon - Kiprah jurnalis dan pakar kuliner Bondan Winarno semasa hidup menjajaki ragam makanan khas daerah di Indonesia memiliki kesan tersendiri di mata pengusaha kuliner tradisional.

Salah satunya pengusaha jajanan tradisional Ketan Gurih Ny. Lanny di Cirebon, Jawa Barat. Di Jalan Kesunean No. 3, Kota Cirebon ini, almarhum Bondan Winarno pernah berkunjung ke rumah kue Ny. Lanny untuk mencicipi jajanan khas Cirebon Ketan Gurih.

"Lima tahun lalu dan kebetulan ada semacam festival makanan Cirebon," kata Lanny Santoso, salah seorang pembuat Ketan Gurih khas Cirebon kepada Liputan6.com, pekan lalu.

Saat berkunjung, kata dia, Bondan Winarno juga ditemani pakar kuliner terkenal di Indonesia, William Wirjaatmadja Wongso atau akrab disapa William Wongso.

Menurut Lanny, Bondan Winarno merupakan sosok yang ramah dan mudah bergaul. Dia mengatakan, Bondan Winarno juga sempat melihat dapur tempat produksi ketan gurih dibuat.

Ketika itu, Bondan Winarno memotret suasana dan proses pembuatan ketan gurih Ny. Lanny khas Cirebon. Saat mencicipi Ketan Gurih, kata dia, Bondan Winarno terlihat suka dan menikmati kue tradisional khas Cirebon itu.

"Maknyus katanya dan beliau mengaku senang dan suka," tutur Lanny.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pesan Bondan Winarno

Di tengah kunjungannya saat itu, Bondan Winarno juga sempat memberikan pesan untuk menjaga dan mempertahankan kuliner tradisional. Menurut Bondan, kuliner khas yang turun-temurun semakin langka dan jarang ditemui.

"Pak Bondan Winarno bilang harus dipertahankan, karena kue seperti ini sudah langka," sambung Lanny.

Dalam kesempatan tersebut, pemilik toko Rumah Kue sempat berbagi cerita tentang perjalanan Ketan Gurih hingga saat ini. Lanny mengaku tidak menyangka, kue yang dibuatnya sudah banyak dikenal.

"Awalnya cuma untuk makan keluarga saja dan saya belajar sama ibu saya," ujar dia.

Sejak tahun 1965, kue ketan gurih mulai dipasarkan kepada masyarakat umum. Namun, kata Lanny, pemasarannya hanya dari mulut ke mulut.

Lanny pun mengaku saat itu hanya mengandalkan keluarga untuk memasarkan kue tersebut. Tanpa ada paksaan dan target penjualan yang besar.

Namun, seiring berjalannya waktu, nama Ketan Gurih Ny. Lanny makin banyak dikenal. Bahkan, tidak sedikit wisatawan yang datang ke Cirebon mampir ke tokonya untuk membeli ketan gurih.

"Toko juga baru buka tahun 2011 lalu," ujar dia.

Dalam perkembangannya, Lanny bertekad ingin mempertahankan ilmu pembuatan kue ketan gurih itu sendiri. Penasaran dengan Ketan Gurih Ny Lanny? Datang saja ke Cirebon.

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.