Sukses

Selamat Tinggal Harga BBM Rp 30 Ribu di Pulau Togean

Kebahagiaan warga di pulau terpencil Togean merasakan harga BBM setara dengan harga yang ada di Pulau Jawa.

Liputan6.com, Poso - Pertamina kembali meresmikan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Kompak di Desa Una-una, Kepulauan Togean, Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah. SPBU Kompak ini didirikan dalam rangka merealisasikan Program BBM Satu Harga Nasional yang diinisiasi oleh pemerintah.

Menghantarkan BBM ke SPBU Kompak Desa Una-Una bukan perkara mudah. Awak mobil tangki (AMT) Pertamina harus menempuh jarak sekitar 200 km dari terminal BBM Pertamina di Poso ke dermaga Ampana. Kemudian dilanjutkan dengan kapal fery untuk menuju lokasi SPBU Kompak di Kepulauan Togean yang berjarak sekitar 50 mil. Tak jarang, AMT menghadapi kondisi ombak tinggi.

Mayoritas masyarakat di Kepulauan Togean adalah nelayan kecil yang membutuhkan bahan bakar premium dan solar untuk transportasi antar pulau dan mencari ikan di laut. Selama ini, BBM di wilayah tersebut didapatkan dari daratan Ampana yang berjarak sekitar 50 mil dari Kepulauan Togean. Tak heran, harga BBM sebelum hadirnya Pertamina di kepulauan mencapai Rp. 15.000 hingga Rp. 30.000 perliternya, tergantung kondisi ombak.

Melihat kondisi tersebut, Pertamina didukung Pemerintah Daerah Kabupaten Tojo Una-Una mewujudkan BBM Satu Harga di Kepulauan Togean. Dengan adanya SPBU Kompak tersebut, harga jual Premium dan Solar di Kepulauan Togean sama dengan harga BBM di Jawa, Premium Rp 6.450 per liter dan Solar Rp 5.150 per liter.

"Saya selaku Kepala Desa Una-Una terharu dan mengucap syukur, atas beroperasinya BBM 1 Harga di desa kami, sudah berpuluh-puluh tahun semenjak Indonesia merdeka kami tidak merasakan harga BBM sama dengan di Jawa," ucap Sukri Daeng Situju selaku Kepala Desa Una-Una.

"Dengan adanya Program Bapak Jokowi yang dilaksanakan Pertamina kami akhirnya bisa menikmati harga BBM yang sama dengan di Jawa."

General Manager MOR VII Pertamina, Joko Pitoyo, menyampaikan bahwa Program BBM Satu Harga merupakan amanah pemerintah pusat kepada Pertamina untuk mengantarkan energi hingga ke pelosok negeri.

“Pertamina sebagai bagian dari BUMN telah melaksanakan wujud nyata BBM 1 Harga di seluruh pelosok negeri khususnya wilayah Sulawesi," katanya.

Sebelumnya telah beroperasi SPBU Kompak di Wangi-Wangi Provinsi Sulawesi Tenggara, serta Kabupaten Talaud dan Kabupaten Kabaruan di Sulawesi Utara.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

https://www.vidio.com/watch/244455-news-flash-bbm-langka-di-beberapa-daerah-ini-jawaban-pertamina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini